Dari Kami untuk Kamu: Mengenal Lebih Dekat dengan Mentoring OSKM ITB 2024

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

JATINANGOR, itb.ac.id - Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa atau OSKM ITB 2024 dilaksanakan untuk menyambut mahasiswa baru dengan beragam rangkaian kegiatan. Kegiatan hari pertama digelar Rabu (4/9/2024), dengan mata acara opening ceremony, talkshow bersama CEO NSEI dan dosen ITB, dan mentoring.

Mentoring dilaksanakan dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil. Kelompok-kelompok kecil ini dinamakan keluarga. Harapannya, mahasiswa baru dapat menemukan "keluarga baru" di dunia perkuliahan.

Terdapat 2 sesi mentoring pada hari pertama, yakni mentoring umum dan mentoring agama. Mentoring umum dipimpin para panitia lapangan yang berasal dari mahasiswa. Mentor akan berperan sebagai fasilitator yang membagikan pengalaman juga sejumlah materi yang telah dikurasi.

Terdapat kurang lebih 243 keluarga OSKM ITB 2024, dengan 1 keluarga berjumlah kisaran 20 orang. Pada mentoring ini, para mentor membagikan materi mengenai esensi, urgensi, dan makna sebenarnya dari kaderisasi. Mentoring memberikan ruang untuk saling bertukar pandangan terhadap materi yang dibawakan.

Mentoring Agama Katolik.

Selain itu, mentoring dilengkapi dengan mentoring agama. Pada mentoring agama, mahasiswa baru difasilitasi tanpa ada yang dibeda-bedakan. Mentoring agama dilaksanakan dengan harapan terbangunnya komunitas mahasiswa beragama yang rukun dan harmoni dalam lingkup ITB ini. Mentoring agama dilaksanakan berkolaborasi dengan unit-unit keagamaan mahasiswa yang ada di ITB. 

Mentoring Agama Kristen.

“Kesannya seru banget bisa bertemu adik-adik baru muslim dari berbagai daerah di Indonesia. Aku harap apa yang disampaikan di mentoring waktu itu bisa bermanfaat dan jadi bekal nilai survive di ITB," ujar Shafira Azka, salah seorang mahasiswa yang menjadi mentor agama.

Reporter: Qonita Aulia Rahmatullah (Teknik Pangan 2022)


scan for download