OSKM ITB 2024: Mengenalkan Lebih Jauh ITB dan KM ITB kepada Mahasiswa Baru

Oleh Ahmad Fauzi - Mahasiswa Rekayasa Kehutanan, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

Mentor Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa, Institut Teknologi Bandung (OSKM ITB) sedang menyampaikan materi tentang ITB dan KM ITB (7/9/2024). (Dok: Ahmad Fauzi)

JATINANGOR, itb.ac.id — Mentoring Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa, Institut Teknologi Bandung (OSKM ITB) dilaksanakan di ITB Kampus Jatinangor, Sabtu (7/9/2024). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru ITB angkatan 2024 secara berkelompok dan tersebar di beberapa tempat di area kampus.

Mentoring ini membahas terkait sejarah ITB dan Keluarga Mahasiswa (KM) ITB lebih dalam, mulai dari pendirian ITB di tahun 1920 sebagai Technische Hoogeschool (TH) te Bandung, keberjalanannya sampai menjadi ITB di masa sekarang.

Mentoring ini pun membahas terkait sejarah KM ITB serta komponen-komponen yang ada di dalamnya secara umum, seperti kabinet, Majelis Wali Amanat Wakil Mahasiswa (MWA-WM), kongres, unit kegiatan mahasiswa, serta himpunan mahasiswa program studi.

Salah satu mentor kelompok OSKM ITB, Qanitah Hafizhah (Teknik Lingkungan, 2023) menjelaskan pentingnya pematerian diberikan kepada mahasiswa baru. Salah satunya karena mereka telah menjadi bagian dari ITB dan menjadi anggota Keluarga Mahasiswa ITB.

“Urgensi materinya penting karena kita sebagai mahasiswa ITB dan juga sebagai anggota KM ITB sehingga harus tahu komponennya apa, misal seperti MWA-WM, bagaimana cara menyalurkan aspirasinya, dan lain-lain,” ujarnya.

Mentoring OSKM ITB tersebar di beberapa tempat di ITB Kampus Jatinangor, Sabatu (7/9/2024). (Dok: Ahmad Fauzi)

Qanitah mengungkapkan peserta tampak antusias dengan materi yang disampaikan. Dia berharap sesi mentoring OSKM tersebut dapat memberikan bekal materi yang cukup bagi mahasiswa baru terkait ITB dan KM ITB.

Reporter: Ahmad Fauzi (Rekayasa Kehutanan, 2021)


scan for download