Dosen ITB Rilis Buku “Merancang yang Akan Dibuang” tentang Desain Kemasan di Area Kasir

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id –Dosen jurusan Desain Komunikasi Visual ITB, Oki Hamka S, M.Ds., merilis sebuah buku berjudul “Merancang yang Akan Dibuang”. Buku itu berasal dari tesisnya mengenai desain kemasan di area kasir.

Oki menceritakan hasil risetnya seperti teori kemasan, window display, sudut pandang, daya tarik kemasan, vocal point, jarak mata, pentingnya visual, branding, ilustrasi, dan tipografi yang sesuai target pasar. Tesis yang sudah dibuat dirangkum menjadi 11 bab yang terdiri dari kurang dari 200 halaman.

“Dengan diterbitkan buku yang berasal dari tesis membuktikan bahwa ilmu dapat dijadikan komersil untuk masyarakat umum berdasarkan penyampaian bahasa yang tepat,” ujar Oki dalam acara Trajectstory, rilis dan bedah buku pada Selasa (11/1/2022).

Oki Hamka S, M. Ds. atau yang sering disebut Pak Oki adalah dosen dari mata kuliah Grafis Kemasan di DKV FSRD ITB. Hasil dari tesis yang dibuat pada 2013 itu membuatnya menjadi best speaker di salah satu acara pada tahun 2014. Ia menceritakan awal mula membuat buku dari tesis yang dimulai dari kebakaran studio miliknya yang menyisakan satu CPU berisikan data tesis.

Dody Ahmad, S.Sn., M.Si. selaku moderator dan rekannya juga menceritakan keputusasaan akibat kebakaran studio. Berkat semangat yang diberikan oleh rekan–rekannya, Pak Oki memulai membuat buku dengan bantuan lulusan dari FSRD ITB.

Selain menceritakan buku, pada acara bedah buku terdapat juga tanggapan dari tiga orang yaitu, Dosen DKV Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom, Dr. Didit Widiatmoko, M. Sn., Creative Principal Sunvisual Bureau Chief DGI Online, Ismiaji Cahyono, dan Penulis serta Editor buku, Kartini F. Astuti.

Dr. Didit Widiatmoko berpendapat bahwa buku ini paket lengkap karena melakukan pendekatan holistik seperti bagaimana cara packaging dan display yang benar terutama yang di dekat kasir. Ismiaji Cahyono berpendapat bahwa bahasa yang digunakan seperti saat mengikuti perkuliahan Pak Oki namun tidak mengerikan dan sangat kagum akan judul buku yang dapat dijadikan diskusi. Kartini F. Astuti khawatir akan penyampaian bahasa, akan tetapi story telling dalam buku ternyata mudah dipahami oleh orang awam.


“Buku ‘Merancang yang Akan Dibuang’ dapat dijadikan bacaan untuk masyarakat yang awam akan ilmu DKV karena Pak Oki menulis dengan bahasa yang mudah dimengerti namun menyampaikan ilmu dengan lengkap. Bagi pembaca yang ingin memahami lebih lanjut juga dapat mencari referensi yang sudah dituliskan di dalam buku,” kata Kartini.

Reporter: Alvina Putri Nabilah (Biologi, 2019)


scan for download