Penerimaan Mahasiswa Baru, Catat Persyaratan Mengikuti SNMPTN-Peminatan 2022 ITB

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id–Institut Teknologi Bandung membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)-Peminatan tahun 2022. Pelaksanaan SNMPTN 2022 akan dilakukan dari 14 sampai 28 Februari 2022.

Pada Sabtu (12/2/2022), diselenggarakan Open House Pendidikan ITB yang menjelaskan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN-Peminatan tahun 2022. Direktur Pendidikan ITB Dr. Techn. Ir. Arief Hariyanto dan Kepala Subdirektorat Administrasi Penerimaan Mahasiswa Irvan Christiawan, S.T., menjelaskan mekanisme mengenai SNMPTN 2022 dan Peminatan-SNMPTN 2022. Pada sesi selanjutnya dilakukan pemaparan program studi di Fakultas atau Sekolah yang terdapat program Peminatan-SNMPTN 2022.

ITB menerima mahasiswa baru berdasarkan tiga skema penerimaan. Pertama adalah fakultas atau sekolah, seperti Sekolah Farmasi (SF). Kedua adalah Fakultas atau Sekolah dan kampus, seperti Fakultas Teknologi Industri Ganesha (FTI-G), Fakultas Teknologi Industri Jatinangor (FTI-J), dan Fakultas Teknologi Industri Cirebon (FTI-C). Ketiga adalah Fakultas atau Sekolah dan Rumpun Ilmu, seperti Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam rumpun ilmu Matematika (FMIPA-Matematika) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam rumpun ilmu Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA-IPA).

Terdapat kasus khusus di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati yang memiliki rumpun dan kampus yang berbeda. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Sains (SITH-S) berada di Kampus Ganesha, sedangkan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Rekayasa (SITH-R) berada di Kampus Jatinangor.

Terdapat ketentuan khusus yang diberikan oleh ITB setelah mengikuti ketentuan umum yang diberikan oleh LTMPT. Ketentuan khusus yang pertama adalah peserta yang memilih FMIPA, SITH, SF, FITB, FTTM, STEI, FTSL, FTI, FTMD, dan SAPPK harus berasal dari bidang studi SMA/MA IPA.

Ketentuan khusus yang kedua adalah peserta yang memilih SBM harus berasal dari SMA/MA IPA atau IPS. Ketentuan khusus yang ketiga adalah peserta yang memilih FSRD harus berasal dari SMA/MA IPA/IPS/Bahasa atau SMK bidang seni rupa. Ketentuan khusus keempat adalah peserta tidak memiliki kondisi buta warna total maupun parsial untuk peserta yang memilih SITH, SF, FTTM, FSRD, Teknik Geologi (FITB), Teknik Kimia (FTI), Teknik Pangan (FTI), dan Kimia (FMIPA).

ITB mengadakan SNMPTN-Peminatan untuk peserta yang sudah yakin akan pilihan di salah satu 18 program studi yang ditawarkan. Syarat peserta yang mendaftar adalah peserta SNMPTN yang sudah memiliki kartu peserta dan saat mendaftar di akun LTMPT harus memilih Fakultas atau Sekolah dari program studi yang dipilih. Pendaftaran SNMPTN-Peminatan diadakan dari 14 Februari sampai 4 Maret 2022.

*Informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN dapat diakses di portal dan media sosial admission ITB, yaitu https://admission.itb.ac.id/ dan akun Instagram di @admission.itb.

Reporter: Alvina Putri Nabilah (Biologi, 2019)


scan for download