Hieronimus Jevon Valerian, Mahasiswa Berprestasi Penerima Beasiswa IISMA di University of York

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id-Institut Teknologi Bandung berhasil meloloskan 75 mahasiswanya untuk menjadi penerima beasiswa Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA), yaitu program beasiswa kerja sama LPDP dan Kemendikbud Ristek dalam bentuk pertukaran pelajar ke universitas di luar negeri untuk mahasiswa/i Indonesia yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Pada tahun 2021, terdapat lebih dari 900 mahasiswa/i yang berhasil lolos IISMA ke berbagai macam universitas di Benua Amerika, Eropa, dan Asia.

Salah satu mahasiswa ITB yang menjadi penerima beasiswa IISMA ialah Hieronimus Jevon Valerian, mahasiswa program studi Aktuaria Angkatan 2019 peraih IPK 4 yang memiliki segudang prestasi dan pengalaman. Pria yang kerap disapa Jevon ini merupakan Mahasiswa Terbaik TPB FMIPA 2019 dan telah mendapatkan penghargaan Dean’s List sebanyak 4 kali. Ia juga aktif dalam sejumlah organisasi, proyek, magang, dan kompetisi yang berkaitan dengan jurusannya.

Jevon merupakan penerima beasiswa IISMA di University of York, Inggris. Ia sendiri memiliki cita-cita untuk merasakan kuliah di luar negeri sejak SMA. Ketika mendapat informasi mengenai IISMA dan menemukan program yang cocok, Jevon memutuskan untuk mengikuti tahapan seleksinya hingga akhirnya dinyatakan lolos.
Jevon memilih University of York karena ketertarikannya untuk studi di Inggris dan University of York merupakan salah satu universitas Russel Group yang menerima Duolingo English Test. Selain itu, minatnya dalam film Harry Potter juga turut menjadi alasan memilih universitas ini.

Di University of York, Jevon mengambil empat mata kuliah dengan total 60 kredit (setara 20 SKS), yaitu Intercultural Competency, Employability and Academic Skill, Foundations of Business Ethics, Management and Marketing of Technology, dan Innovation and Firm Competitiveness.

Selama di York, Jevon menemukan sejumlah gegar budaya mulai dari suhu dingin, makanan, hingga gaya belajar. Jevon mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda sepanjang berkuliah di University of York, di mana terdapat sesi seminar yang mengangkat kasus-kasus di dunia nyata, kemudian mendiskusikannya menggunakan materi yang telah diajarkan sebelumnya.

"Di Aktuaria, aku lebih sering bersinggungan dengan hal-hal kuantitatif dan pemrograman komputer, sedangkan di sana mata kuliah cenderung ke arah Manajemen dan Marketing yang penuh dengan jurnal ilmiah dan hal-hal kualitatif," ungkap Jevon.

Untuk mengatasi hal tersebut, Jevon membiasakan diri membaca jurnal dan menjadwalkan alokasi waktu untuk belajar dan kesibukan lainnya. Selain kuliah, Jevon mengikuti sejumlah kegiatan seperti menjadi anggota Music Society University of York dan mengadakan acara bersama Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) York. Ia juga menyempatkan waktu untuk bersosialisasi dengan mahasiswa internasional lainnya yang berasal dari berbagai macam negara.

"Menurut aku, IISMA ini program yang bagus banget dan aku bersyukur bisa menjadi salah satu awardee dari program ini karena banyak dapat pengalaman baru, baik dari segi ilmu maupun budaya di sana. Semoga program ini bisa terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar ke depannya," tutup Jevon.

Reporter: Trizzos Gabriel Limbong (Teknik Telekomunikasi, 2020)


scan for download