Sukses Kembangkan Solusi Ekonomi Sirkular, Tim Capsule Station ITB Raih Juara 1 National Business Case Competition 2024

Oleh Yohana Aprilianna - Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id. Tiga mahasiswa ITB yang tergabung dalam Tim Capsule Station menjadi juara 1 dalam National Business Case Competition 2024 yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga pada Sabtu (9/11/2024) di Surabaya.

Tim Capsule Station berasal dari program studi Teknik Industri dengan beranggotakan Marvin Manuel Anggrawidjaja (13422088), Patricia Agustine Purba (13422089), dan Gloria Mendivanya Purba (13422058).

Lomba ini mengambil tema “Enhancing Operational Efficiency Through Pioneering Circular Economy Strategy and Service" dalam memberikan solusi dan strategi untuk mengangkat isu bisnis saat ini. Tujuannya yakni mahasiswa diikutsertakan dalam pemecahan masalah global yang relevan dengan SDGs.

Rangkaian lomba berlangsung sejak 9 September 2024 hingga 9 November 2024 dengan beberapa tahapan utama seperti preliminary, semifinal, dan babak final.

“Lombanya lumayan menarik karena mengangkat tema ekonomi sirkular dan beda dari tema lainnya,” ucap Gloria

Tim Capsule Station termotivasi untuk berpartisipasi dalam lomba ini dengan tujuan meningkatkan kapasitas tim dan membangun relasi yang lebih erat dengan perusahaan. Tantangan utama yang menarik minat tim adalah bagaimana merancang solusi yang tidak hanya memberikan manfaat bagi perusahaan, tetapi juga dapat meningkatkan kesadaran konsumen akan pentingnya keberlanjutan dan ekonomi sirkular.


Solusi pertama yang ditawarkan oleh Tim Capsule Station adalah meletakkan dropbox sebagai wadah konsumen untuk meletakkan limbah kemasan bekas dari produk Paragon. Namun diintegrasikan dengan teknologi seperti sensor, display, dan barcode.

Sebagai langkah selanjutnya, perusahaan akan menerapkan program paragreen untuk mendorong karyawan mengadopsi kebiasaan hijau, baik yang telah diinisiasi perusahaan maupun yang berasal dari inisiatif pribadi.

Terakhir, solusi yang dibawakan adalah dengan menyebarkan awareness ke konsumen lewat sosial media karena lebih efektif dalam penyebaran informasi.

"Faktor kunci keberhasilan tim adalah berkat anugerah Tuhan, keunggulan solusi yang ditawarkan, dan kemampuan tim dalam menyampaikan presentasi yang persuasif," ucap Marvin.

“Hal terpenting dari mengerjakan Business Case Competition adalah komitmen. Segala yang dikerjakan harus selesai dengan rentang waktu yang lumayan singkat,” lanjut Patrice.

Reporter : Yohana Aprilianna (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)
Dokumentasi Pribadi

#prestasi #prestasimahasiswa #nationalbusinesscore #ekonomisirkular