Dirjen Dikti Buka KRI - KRCI 2012

Oleh Gilang Ariawan Wicaksono

Editor Gilang Ariawan Wicaksono

BANDUNG, itb.ac.id - Kontes robot KRI-KRCI dibuka secara resmi pada hari Sabtu (30/06/12) bertempat di Sasana Budaya Ganesha, Bandung. Tahun ini, ITB mendapat kesempatan untuk menyelenggarakan kontes robot berskala nasional ini setelah penyelenggaraan tahun lalu di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Acara ini dibuka oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc. KRI-KRCI kali dihadiri oleh total 94 tim dari 50 universitas yang bersaing di 4 kategori yaitu KRI, KRCI firefighting, KRCI RSHL, dan KRSI.

Babak penyisihan KRI-KRCI sudah dimulai sejak pagi, yaitu pukul 07.00 WIB. Babak penyisihan diselenggarakan untuk kategori KRI dan KRCI RSHL, dan dilangsungkan pula trial I untuk kategori KRCI beroda dan berkaki. Upacara pembukaan sendiri baru dilangsungkan pukul 10.00 WIB.

Pembukaan KRI-KRCI 2012 secara resmi ditandai dengan pemukulan gong oleh Dirjen Dikti. Sebelumnya dilakukan pula defile peserta dari 50 universitas serta sambutan-sambutan. "Acara ini bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta sebagai sarana mengembangkan ilmu pengetahuan," ujar Djoko dalam sambutannya. "Apa yang kita lakukan hari ini merupakan sebagian kecil dari pengembangan teknologi untuk Indonesia," ujar Djoko menambahkan.

Setelah sambutan dan pembukaan, dilakukan penyerahan piala bergilir KRI-KRCI dari juara umum tahun lalu serta penampilan tarian robot oleh Unit Robotika ITB. Pada penampilan ini, terdapat tiga robot yang menari mengikuti alunan lagu yang diputarkan. 

Sekilas KRI-KRCI 2012

KRI-KRCI 2012 yang diselenggarakan di Sabuga pada 30 Juni - 1 Juli 2012 terdiri dari empat kategori, yaitu KRI, KRCI firefighting, KRCI robosoccer humanoid dan KRSI. KRCI firefighting sendiri dibagi lagi menjadi dua divisi yaitu divisi berkaki dan beroda. Pemenang dari tiap kategori, kecuali untuk kategori KRSI, akan berkesempatan untuk mengikuti kompetisi Internasional dengan dibiayai oleh DIKTI.

Kompetisi dibagi menjadi dua hari dengan hari pertama merupakan babak penyisihan dan babak grup. Hari kedua merupakan babak gugur dan babak final, sekaligus pengumuman juara dan penutupan lomba. Selain lomba robot, KRI-KRCI tahun ini menghadirkan pula pameran teknologi, panggung hiburan, serta zona kuliner. 


scan for download