Dosen SBM ITB Rilis Karya Tulis Baru, Bahas Mengenai Investasi di Asia Tenggara

Oleh Anggun Nindita

Editor Vera Citra Utami

BANDUNG, itb.ac.id—Beberapa dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB untuk Kelompok Keahlian Keuangan dan Risiko Bisnis baru-baru ini merilis buku yang berjudul “Private Equity and Venture Capital in Southeast Asia”.

Tim penulis buku ini terdiri atas Wakil Dekan Bidang Akademik SBM ITB, Dr. Ir. Subiakto Sukarno, M.B.A., RFA, QWP, CFP.; Dr. Raden Aswin Rahadi, S.T., M.M., M.B.A., CFRM, RFA, CBAP, CRMP.; dan Kurnia Fajar Afgani, M.B.A., CWM, CRMP, CFRM, CBAP.; serta Praktisi Alfred Boediman.

Buku ini dirancang sebagai panduan bagi mereka yang tertarik dengan dunia private equity dan venture capital, khususnya di Asia Tenggara.

Buku tersebut diluncurkan pada 8 Juli 2023 lalu. Para penulis menyatakan, buku tersebut lahir dari kesadaran bahwa hingga kini belum ada literatur yang mendalam mengenai skema venture capital di Asia Tenggara. Salah satu penulis, mengatakan bahwa beliau dan timnya awalnya cukup terkejut banyak mahasiswa yang tertarik dengan pembahasan.

"Banyak mahasiswa kami yang tertarik dengan venture capital, dan beberapa bahkan sudah bekerja di bidang tersebut. Kami ingin buku ini menjadi referensi bagi pemula dan praktisi," ujar Dr. Aswin.

Isu lain yang dihadapi juga berupa framework dari bisnis itu sendiri. Tidak semua perusahaan bersedia untuk menceritakan diri mereka dan membuka rahasia dapur. Ini menjadi sebuah tantangan yang cukup sulit bagi keempat penulis buku.

Terlebih, salah satu tujuan ditulisnya buku ini memang untuk mengedukasikan masyarakat mengenai cara kerja sisi tersebut dalam dunia bisnis. Agar mereka lebih tertarik untuk terlibat di dalamnya.

Salah satu tantangan dalam penulisan buku ini adalah mendapatkan informasi dari perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara. Banyak perusahaan enggan membagikan informasi internal mereka, yang menjadi hambatan bagi penulis dalam menyajikan gambaran lengkap tentang industri ini.

Di sisi lain, Dr. Aswin turut menjelaskan bahwa buku ini adalah buku pertama dari sebuah trilogi. Ia berharap buku ini menjadi sumber bacaan yang komprehensif dan penting untuk membawa pembaca dari level pemula hingga mahir mengenai venture capital di Indonesia.

“Buku ini sekarang jadi sebuah pengenalan. Nanti akan ada buku berisi cara valuasi, karakteristik bisnis, dan masih banyak lagi secara detail. Buku ketiga kemungkinan akan dirilis tahun depan atau dua tahun lagi, dan akan fokus pada aspek risetnya.” tambahnya.

Beliau mengatakan bahwa saat ini, tim penulis sedang menulis buku kedua yang berjudul ‘Where is the Money?’ yang akan dirilis harapannya sekitar akhir Desember 2023 ini.

Buku tersebut mengincar target audiens dari kalangan mahasiswa atau lulusan S1 yang sedang atau ingin bekerja di venture capital, serta institusi pendidikan dalam ranah bisnis dan ekonomi, terutama SBM ITB dan sekolah bisnis lainnya.

Melalui buku ini, ia berharap bahwa sumber pembelajaran mengenai venture capital dapat terus bertambah.

Reporter: Bashravie Thamrin (Manajemen, 2024)


scan for download