Dukung Aktivitas Mahasiswa, ITB Hadirkan Berbagai Fasilitas Olahraga Bagi Mahasiswa Baru

Oleh Anggun Nindita

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id – Dalam rangkaian Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) 2023, Institut Teknologi Bandung (ITB) memperkenalkan beragam fasilitas olahraga yang dapat mahasiswa gunakan di lingkungan kampus.

Sarana olahraga memang menjadi salah satu fasilitas yang disediakan oleh ITB. Tak hanya untuk civitas ITB, fasilitas ini juga terbuka untuk umum. Pusat lokasinya berada di Sasana Olahraga Ganesha (Saraga) ITB, Lebak Siliwangi, berdekatan dengan Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat (4/8/2023) secara daring untuk calon mahasiswa baru Program Sarjana jalur Seleksi Mandiri (SM), Afirmasi & Kelas Internasional, serta Program Pascasarjana & Profesi. Kegiatan serupa juga telah dilakukan untuk calon mahasiswa baru dari jalur SNBT dan SNBP pada Juli 2023.

Materi ini disampaikan oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Saraga dan Sabuga ITB, Dr. Taufiq Mulyanto, S.T., dan dipandu oleh Stefani Septiawati Nababan (Perencanaan Wilayah dan Kota 2021) sebagai Duta Kampus ITB 2023.

Dalam pemaparannya, Dr. Taufiq menjelaskan layanan olahraga di Saraga yang dapat dimanfaatkan mahasiswa, mulai dari kolam renang, running track, lapangan sepak bola, lapangan fustal, lapangan basket, lapangan tenis, lapangan voli hingga fitness center.

“Meskipun Mahasiswa Baru Sarjana Angkatan 2023 akan menjalani perkuliahan Tahap Persiapan Bersama (TPB) di Kampus ITB Jatinangor, mereka tetap dapat menggunakan fasilitas yang ada di Saraga,” ujarnya.

Sementara itu, Kampus ITB Jatinangor sendiri memiliki sarana olahraga berupa lapangan sepak bola, running track, dan dua Gor yang masing-masing difungsikan untuk futsal dan tenis meja. Selain itu, terdapat Gedung Serba Guna (GSG) yang di dalamnya dapat digunakan untuk basket, voli, badminton, dan aktivitas olahraga lainnya.

UPT Saraga dan Sabuga menetapkan biaya masuk beragam sesuai dengan status pengunjung dan fasilitas olahraga yang tersedia. Fasilitas lapangan dan running track gratis untuk mahasiswa aktif ITB. Sementara untuk fasilitas lainnya, dikenakan tarif sesuai dengan jenis fasilitas olahraga.

Bagi mahasiswa ITB yang akan menggunakan fasilitas olahraga tersebut, dapat menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) untuk mendapatkan tarif khusus mahasiswa ITB.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota 2019)


scan for download