FTI Fun Day 2007

Oleh

Editor

BANDUNG, itb.ac.id – Fakultas Teknologi Industri (FTI) menyelenggarakan FTI Fun Day bagi seluruh mahasiswa FTI 2007. Acara ini diikuti oleh hampir seluruh mahasiswa FTI yang terdiri dari 6 program studi di lingkungan FTI yang sudah mulai berkumpul pada Sabtu (1/9) pagi di Lapangan Parkir FTI.

Tema yang diangkat pada acara ini adalah Work, Play, Together! Rangkaian acara FTI Fun Day 2007 memang memfokuskan pada interaksi dan kebersamaan baik dalam bekerja sama maupun bermain. Seperti namanya, FTI Fun Day memang diharapkan dapat menanamkan kebersamaan dalam suasana yang penuh keceriaan.

Acara ini dilaksanakan dalam rangka memotivasi para mahasiswa baru untuk memulai masa perkuliahan di semester baru ini. Lebih lanjut, Amirah Kaca selaku Ketua Panitia menjelaskan, “Ini ajang untuk warming up 2007, mereka kan lagi excited-excitednya. Meskipun udah ada PMB, tapi kita mencoba membuat acara yang lebih dekat dalam skala fakultas, mengenal orang-orang dari jurusan (program studi) lain dalam satu fakultas.”

Acara dimulai dengan senam ceria bersama di Lapangan Parkir FTI. Senam ini bertujuan untuk mencairkan suasana pagi. Kemudian acara dilanjutkan di Aula Barat, dimulai dengan mempertunjukkan yel-yel dari masing-masing program studi. Setelah keenam program studi mempertontonkan yel-yel yang penuh semangat, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Amirah Kaca selaku Ketua Panitia dan Dekan FTI, Dr. Ir. Dwiwahju Sasongko. Dekan FTI yang akrab disapa Pak Song juga memberikan games-games singkat seputar pertanyaan tentang dirinya.

Dalam rangka memotivasi para mahasiswa, acara ini turut mengundang Rendi (TA’04) sebagai trainer yang membawakan games-games kelompok. Pada sesi ini, mahasiswa dari keenam program studi dibagi per kelompok secara random untuk menyelesaikan games-games yang diberikan oleh masing-masing fasilitator kelompok. Games yang diberikan, antara lain games obat nyamuk, menyusun menara dari koran, serta membentuk mumi dengan balutan tissue. Ketiga games ini mencoba menanamkan pentingnya rasa kebersamaan, kerja sama, dan empati kepada para mahasiswa baru.

Tidak hanya games, acara FTI Fun Day 2007 diramaikan dengan adanya talkshow yang mengangkat topik “IP harus tinggi, namun tetap gaul”. Dalam talkshow kali ini turut mengundang Lolita Moorena, pemenang Ganesha Prize 2007, sebagai pembicara. Kaca menambahkan, “Kita memberikan role model bagi mahasiswa baru, bagaimana orang dengan IP tinggi tapi tidak melupakan hal-hal lain.” Acara diakhiri oleh performance band dari Teknik Industri dan Teknik Mesin.

Acara FTI Fun Day ini sepertinya akan menjadi acara FTI Fun Day yang terakhir. Santer terdengar kabar bahwa tahun depan tidak akan ada lagi FTI, karena nantinya FTI akan dipecah menjadi beberapa sekolah. “ FTI bakal dipecah menjadi beberapa macam sekolah, di antaranya School of Advance Sience and Nano Technology dari FT dan Tekim; Mesin, Penerbangan, Material disatukan; terus TI katanya sama SBM,” tutur Kaca.

Meskipun demikian, banyak terdengar suara miring tentang acara FTI Fun Day sebelumnya yang dianggap tidak penting. Menanggapi hal ini, Kaca berkomentar, “You never know what you’ve missed out when you’re not involved in it.”

scan for download