FTI ITB Kembali Gelar Motivation Day 2016

Oleh Yasmin Aruni

Editor Yasmin Aruni

BANDUNG, itb.ac.id - Tahap Persiapan Bersama (TPB) merupakan masa awal bagi mahasiswa ITB untuk mengenal lingkungan dan pola belajar yang sesuai sebelum memasuki fase jurusan di tingkat selanjutnya.  Hal tersebut merupakan salah satu alasan Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB kembali mengadakan acara pengenalan jurusan bertajuk FTI Motivation Day 2015 pada Sabtu (23/04/16). Acara yang rutin digelar tiap tahun ini berisi penjelasan mengenai hasil kuesioner penjurusan kedua dan kunjungan ke laboratorium-laboratorium dari program studi yang berada di bawah naungan FTI ITB.

Gelaran acara ini merupakan rangkaian kaderisasi awal yang diselenggarakan himpunan mahasiswa jurusan di bawah FTI, yakni Keluarga Mahasiswa Teknik Industri (MTI), Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT), dan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK). Beberapa hari sebelumnya, rangkaian acara diisi dengan sesi mentoring oleh mahasiswa angkatan 2014 mengenai visi hidup dan bagaimana cara menentukan skala prioritas.

Acara dimulai dengan sambutan dari  Prof. Dr. Deddy Kurniadi, M.Eng. selaku Dekan FTI ITB.  Setelah resmi dibuka, acara dilanjutkan dengan penjelasan hasil kuesioner penjurusan oleh wakil dekan bidang akademik, Dr. Tjokorde Walmiki Samadhi. Beliau memperlihatkan hasil kuesioner penjurusan semester genap tahun ajaran 2015/2016, serta persebaran preferensi pilihan jurusan di FTI. Selain itu, beliau pun menjelaskan sistem penjurusan di FTI ITB. Sesi penjelasan diakhiri dengan ceramah dalam rangka meyakinkan peserta pada pilihan jurusannya melalui iringan doa dan usaha yang kuat agar mendapat jurusan yang diinginkan.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium yang digunakan pada Program Studi Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Fisika, dan Manajemen Rekayasa Industri. Selama kunjungan, peserta berkesempatan untuk melihat alat-alat pendukung perkuliahan, instrumen-instrumen di laboratorium, serta demo mengenai beberapa alat yang berada di laboratorium. Di akhir sesi kunjungan tiap lab, panitia memberi penjelasan mengenai program studi masing-masing dan prospeknya di masa depan. Acara diakhiri dengan pemaparan akan hal-hal yang sudah didapat selama keberjalanan acara oleh peserta, serta apresiasi dari anggota himpunan jurusan di FTI.

 

Irfaan Taufiqul Rayadi

ITB Journalist Apprentice 2016


scan for download