Information Center ITB: Layanan Terpadu untuk Sivitas Akademika dan Masyarakat Umum

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanannya. Salah satu wujudnya dengan menghadirkan unit layanan terpadu yang diberi nama Information Center (IC) ITB (dibaca I See ITB). Tempat tersebut akan menjadi pusat layanan informasi bagi mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, alumni ITB, maupun masyarakat umum yang ingin mendapatkan informasi mengenai ITB.

IC ITB berada tepat di antara Campus Center (CC) Timur dan CC Barat. Lokasinya strategis, dapat terlihat langsung dari pintu masuk utama ITB Kampus Ganesha.

Berbagai layanan yang dapat diakses berkaitan dengan akademik, kemahasiswaan, keuangan, kerja sama, kealumnian dan umum, kepegawaian dan purnabakti, hingga sarana prasarana dan teknologi informasi. Layanan IC ITB rencananya dibuka pada 3 Juli 2024 dengan waktu operasional pukul 09.00-15.00 WIB. Beberapa layanan di antaranya, yakni:

- Biro Kemitraan: Konsultasi Outbound Mobility (SEA-Reg dan SEA-GE3), Permohonan Data Informasi MoU, Perpanjangan ITAS Mahasiswa Asing;

- Direktorat Pendidikan: Layanan Verifikasi Alumni ITB, Pembuatan KTM Pengganti, Pembuatan Surat Keterangan Ijazah Hilang;

- Direktorat Sarana dan Prasarana: Pelayanan dan Perizinan Masuk Kampus ITB, Pelayanan Pengangkutan Limbah B3, Pelayanan Penggunaan Ambulans dan Damkar ITB Ganesha dan Jatinangor, Penggunaan/Pemakaian Fasilitas Umum;

- Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat: Pelayanan Wartawan dan Narasumber, Permohonan Kunjungan SMA ke ITB Kampus Ganesha atau Jatinangor;

- Sekretariat Institut: Penambahan, Perpanjangan dan Penutupan Domain itb.ac.id;

- Direktorat Kemahasiswaan: Pengajuan Beasiswa;

- Direktorat Keuangan: Pengembalian Kelebihan Pembayaran BPP, Update Status Pembayaran BPP (Konfirmasi pembayaran BPP).

Jenis layanan lebih spesifik dapat Anda akses di https://ult.itb.ac.id/layanan. Selain itu, terdapat layanan perbankan dari BNI dan perpajakan dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia khusus untuk sivitas akademika.

Pelayanan Daring

Pengguna layanan pun dapat mengajukan layanan melalui https://ult.itb.ac.id/home. Dengan demikian, pengguna tidak perlu datang ke ULT jika maksud dari pelayanan sudah terpenuhi. Namun, jika maksud dari pelayanan tidak dapat dilakukan secara daring, pengguna dapat datang langsung ke IC ITB dengan terlebih dahulu memesan antrean.

Pemesanan Nomor Antrean

   

Pengguna layanan dapat memesan nomor antrean secara daring melalui https://s.id/antriultitb. Kode batang (QR Code) dari nomor antrean akan dipindai di mesin antrean di IC ITB. Adapun pengguna layanan yang melakukan pemesanan nomor antrean di IC ITB dapat dilayani selama kuota layanan masih tersedia.


scan for download