Inovasi Energi Terbarukan Skala Rumahan, Mahasiswa ITB 1st Runner Up Scientific Poster Engineering Competition 2024

Oleh Angra Eni Saepa - Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Tiga mahasiswa Program Studi Teknik Fisika, Institut Teknologi Bandung (ITB), menorehkan prestasi dengan menjuarai kompetisi Scientific Poster Engineering Competition kategori Renewable Energy. Kompetisi tersebut dilaksanakan di Universitas Widyatama, Rabu (29/5/2024).

Scientific engineering poster competition adalah kompetisi poster inovasi kerekayasaan yang digelar dalam rangkaian acara 5th Widyatama International Competition (Winaction). Terdapat tiga tahapan kompetisi, yakni pembuatan esai, pembuatan poster, dan presentasi.

Di bawah bimbingan dosen ITB, Ashari Budi Nugraha, S.T., M.T., kelompok mahasiswa yang tergabung dalam grup FT Team ini membawakan inovasi “Airsol”, yaitu sebuah produk gabungan solar panel dan turbin angin dalam skala rumahan. Inovasi tersebut untuk membantu masyarakat indonesia mengakses energi terbarukan.

“Tim kami membawakan inovasi untuk membantu masyarakat indonesia untuk berkontribusi serta memudahkan mereka dalam mengakses energi terbarukan. Inovasi tersebut kami namakan Airsol, produk gabungan solar panel serta turbin angin dalam skala rumahan,” kata Zaiman A. Purnama, perwakilan tim.

   

Selama mengikuti rangkaian kompetisi, terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi FT Team, seperti menemukan ide yang relevan dengan tema sekaligus mengelaborasikan ide yang sudah diperoleh.

“Tantangan terbesar yang kami hadapi, yaitu ideation. Awalnya kami agak sulit untuk mencari ide yang dapat menyelesaikan masalah sekaligus memiliki aspek novelty. Namun, di bawah bimbingan dosen, kami dapat mengatasinya,” ujar M. Zamroni, salah seorang anggota FT Team.

Melalui perlombaan ini, mereka berharap inovasinya dapat dikembangkan di masa depan sehingga dapat membantu masyarakat dalam memperoleh energi terbarukan.

Reporter: Angra Eni Saepa (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)


scan for download