Integrated Career Days ITB 2024: Jelajahi Peluang Karier di Industri Energi bersama Pertamina Patra Niaga

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id – ITB melalui Subdirektorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan Mahasiswa, atau ITB Career Center, menggelar Integrated Career Days April 2024, yang berlangsung selama dua hari pada 19-20 April 2024, di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) ITB. Acara ini menjadi ajang penting bagi mahasiswa, alumni ITB, dan masyarakat pencari kerja untuk menjelajahi peluang karier dan wirausaha yang ada.

Salah satu mitra perusahaan, PT. Pertamina Patra Niaga, menyampaikan presentasi dengan tema “Energizing Your Career: Fuel Your Future with Pertamina Patra Niaga” oleh Manager Organization Capability, Dasa Tri Suryo Wicaksono, Jumat (19/4/2024).

Dalam presentasinya, Dasa menjelaskan tentang transformasi yang telah dilakukan Pertamina Patra Niaga. Hingga kini, telah dibentuk enam subholding di bawah naungan Pertamina, yang masing-masing memiliki tanggung jawab dalam eksplorasi, produksi, pengolahan, hingga distribusi dan pemasaran energi di Indonesia.

   

Dasa menjelaskan bahwa subholding Upstream, yang dikelola melalui PT Pertamina Hulu Energi (PHE), memiliki tanggung jawab dalam melakukan eksplorasi dan produksi minyak serta gas alam. Subholding Refining dan Petrochemical, yang dijalankan oleh PT Kilang Pertamina Internasional, bertanggung jawab atas proses pengolahan minyak mentah menjadi produk minyak dan petrokimia.

Adapun subholding Commercial and Trading, yang dijalankan melalui PT Pertamina Patra Niaga, bertanggung jawab atas distribusi dan pemasaran produk-produk energi Pertamina, termasuk bahan bakar minyak (BBM), pelumas, dan gas elpiji (LPG).

Selain itu, Dasa menambahkan subholding Commercial and Trading memiliki beragam produk dalam portofolionya, yang mencakup segmen B2C (Business to Customer) dan B2B (Business to Business), serta memberikan dukungan infrastruktur untuk operasional perusahaan.

Di segmen B2C, fokus utama adalah pada produk-produk seperti BBM, LPG, dan pelumas, sementara di segmen B2B, Pertamina Patra Niaga menyediakan berbagai jenis produk seperti bahan bakar industri, petrokimia, aviasi, dan perdagangan.

   

Subholding lainnya seperti Gas, Integrated Marine Logistics, dan Power and New Renewable Energy juga memberikan kontribusi dalam menyediakan layanan dan produk energi bagi masyarakat Indonesia. Melalui struktur ini, Pertamina bertujuan untuk mewujudkan kedaulatan energi bagi Indonesia dengan mengintegrasikan semua kegiatan penyediaan energi secara lebih terfokus dan terarah.

Terakhir, Dasa menjelaskan mengenai program rekrutmen yang ditawarkan Pertamina Patra Niaga, mulai dari program untuk fresh graduate hingga program bagi mereka yang telah memiliki pengalaman kerja. Program-program ini memberikan kesempatan bagi para calon karyawan untuk bergabung dengan Pertamina Patra Niaga dan mengembangkan karier mereka di industri energi.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika 2021)


scan for download