Interaksi Publik Bakal Calon Rektor ITB 2010-2014: KM ITB Tentukan Sikap dan Harapan

Oleh alitdewanto

Editor alitdewanto

BANDUNG, itb.ac.id- Keluarga Mahasiswa (KM) ITB, melalui Tim Kajian Satu ITB menentukan sikap dan harapan dalam rangka pemilihan Rektor ITB untuk Periode 2010-2014 ini. Sikap dan harapan ini dirangkum dalam tabulasi isu umum yang disampaikan dalam konferensi pers Interaksi Publik Bakal Calon Rektor ITB 2010-2014 bertempat di Aula Barat pada Sabtu (10/10/09). Ridwansyah Yusuf Achmad, Presiden KM ITB, menjadi narasumber dalam konferensi pers ini.
Mahasiswa merupakan elemen terbanyak dalam kampus sehingga keberadaannya patut diperhitungkan, demikian tulis Tim Kajian Satu ITB. Sebagai elemen terbanyak, mahasiswa menjadi aset yang sangat dibutuhkan oleh kampus. Berangkat dari hal tersebut, diperlukan komunikasi yang baik antara pejabat kampus dan mahasiswanya. Komunikasi ini dapat mengoptimalkan kinerja kampus sesuai dengan visinya.

KM ITB sebagai wadah organisasi mahasiswa terpusat ITB memandang perlu untuk menentukan sikap dan harapan bagi siapapun yang nantinya akan menjabat sebagai Rektor ITB. Perumusannya melibatkan aspirasi perwakilan seluruh mahasiswa ITB. Sikap ini dirangkum dalam delapan poin yang intinya merupakan saran dalam pembangunan ITB lima tahun ke depan. Delapan poin yang disampaikan Yusuf ialah

1. ITB dapat meningkatkan aplikasi IPTEK dalam masyarakat khususnya penerapan teknologi tepat guna bagi masyarakat.
2. ITB dapat meningkatkan aksesbilitas pendidikan terhadap masyarakat.
3. ITB dapat menjamin transparasi penyelenggaraan pendidikan terhadap semua stakeholder.
4. ITB dapat menjamin tidak adanya komersialisasi dalam pendidikan.
5. ITB hrus dapat merealisasikan beasiswa minimal 20% dari mahasiswanya.
6. ITB dapat meningkatkan dukungan fasilitas khususnya dalam hal riset dan aktualisasi diri mahasiswa.
7. ITB harus dapat melakukan pembenahan dalam pembinaan kemahasiswaan.
8. ITB dapat menyelesaikan masalah kekurangan tenaga pengajar.

scan for download