ITB Bantu Atasi Krisis Air Bersih di Pulau Weh: Solusi Tepat Guna dengan Reverse Osmosis dan Energi Surya

Oleh Rafie Altaf Pramantya - Mahasiswa Teknik Geofisika, 2022

Editor M. Naufal Hafizh

Instalasi Mesin RO dan Solar Cell yang dipasang di Masjid Agung Babussalam Sabang.

ACEH, itb.ac.id - Pulau Weh merupakan destinasi wisata favorit bagi turis domestik maupun internasional karena keindahan panorama yang dikombinasikan dengan keanekaragaman hayati laut.

Bentuk Pulau Weh yang membentuk cerukan pada bagian tengahnya berfungsi sebagai perangkap nutrien dari dua lautan. Adapun daratan yang mengelilinginya berfungsi sebagai penahan gelombang. Kondisi tersebut mendukung teori Stephen Smith tentang pembentukan ekosistem perairan dangkal, di antaranya adalah ekosistem terumbu karang dan mangrove.

Pulau Weh, seperti pulau kecil lainnya, rentan terhadap isu air bersih karena terpisah cukup jauh dari daratan utama. Hal itu bergabtung pada luasan area, kedalaman tanah, dan juga kemampuan tanaman, khususnya pohon dalam mempertahankan air dalam tanah.

Untuk mengatasi permasalahan air bersih siap minum, ITB melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan skema bottom-up di lingkungan Masjid Babussalam, Kota Sabang. Tim dari ITB membentuk instalasi alat Reverse Osmosis (RO) dan panel surya di Masjid Babussalam Kota Sabang pada 27-29 Mei 2023.

Program tersebut mendapat dukungan dari otoritas setempat. Ketua Takmir Masjid Babussalam, Anwar Usman, mengatakan, konsep penyediaan air bersih untuk umum melalui proses filtrasi mesin RO merupakan gagasan baru di Sabang. Adapun Penandatangan Berita Acara Serah Terima (BAST) mesin RO dan perangkatnya dilakukan pada 8 Agustus 2023.

Foto bersama setelah Penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) Mesin RO dan Solar Cell.

Pemilihan Masjid Babussalam Kota Sabang didasarkan pada beberapa pertimbangan. Pertama, Masjid Babussalam merupakan fasilitas publik yang terletak di jantung Kota Sabang. Kedua, konstruksi bangunan masjid yang tinggi memberikan dampak optimum terhadap absorbsi energi matahari. Ketiga, karena saat ini, Kota Sabang sedang dikembangkan menjadi destinasi favorit wisata halal di Provinsi Aceh bahkan nasional.

Desain Teknologi Tepat Guna

Mengacu pada laman Global Solar Atlas, kawasan Sabang di Pulau Weh mampu memberikan kontribusi 4,83 kWh/m2 berdasarkan nilai Global Horizontal Irradiation. Pembangunan instalasi pembangkit listrik tenaga surya cocok diterapkan dalam menjalankan mesin RO untuk pengolahan air bersih.

Reporter: Rafie Altaf Pramantya (Teknik Geofisika, 2022)


scan for download