ITB Jadi Tuan Rumah Seminar dan Rakernas Forum Institusi Layanan Bahasa Tahun 2023

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id—UPT Pengembangan SDM ITB menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan seminar kebahasaan dan Rapat Kerja Nasional Forum Institusi Layanan Bahasa tahun 2023. Rangkaian kegiatan ini berlangsung selama tiga hari (8-10 Maret) di ITB Kampus Ganesha.

Acara seminar dan rapat kerja nasional tersebut dihadiri oleh sekitar 50 perwakilan UPT Pusat Bahasa dari berbagai universitas di Indonesia. Pada hari kedua, bertempat di Auditorium PT Freeport SBM, hadir sebagai narasumber utama Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D., Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Ia menyampaikan materi dengan judul “Sertifikasi Kompetensi Institusi Layanan Bahasa”.

Prof. Amin menyampaikan empat poin penting dalam materinya terkait kompetensi layanan bahasa, yakni (1) Program Prioritas dan Produk Kebahasaan di Badan Bahasa (2) Kompetensi Kebahasaan (3) Sertifikasi Kemahiran Berbahasa Indonesia, dan (4) Arah Kebijakan Institusi Akademik.

Narasumber kedua hadir secara virtual. Mewakili Direktur Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Anis Apriliawati, mengangkat tema “Urgensi Pengembangan Tes Kemampuan Bahasa Inggris”.

Adapun hasil rapat kerja nasional FILBA yang mengambil tempat di UPT PSDM, gedung CADL, lantai 4, memutuskan Retno Hendryanti, Ph.D., dari Pusat Bahasa Telkom University sebagai Ketua Pengurus FILBA Wilayah Barat periode 2023 – 2027. Usai acara, peserta melakukan mini campus tour, berkunjung ke Perpustakaan, jalan-jalan ke landmark ITB, dan berakhir di ITB Press.

Sumber: UPT PSDM ITB


scan for download