ITB Mengenalkan Platform Learning Management System Edunex kepada Mahasiswa Baru 2023

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) menggunakan platform bernama Edunex sebagai media pembelajaran. Edunex merupakan Learning Management System (LMS) yang dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran blended, menggabungkan antara pembelajaran fisik dan online.

Direktorat Pengembangan Pendidikan (Ditbangdik) ITB mengenalkan Edunex pada salah satu sesi rangkaian Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB). Sesi ini dilaksanakan pada 1 Agustus 2023 secara daring untuk calon mahasiswa baru Program Sarjana Jalur Seleksi Mandiri (SM), Afirmasi dan Kelas Internasional, serta Program Pascasarjana dan Profesi. Kegiatan serupa juga telah dilakukan pada Juli 2023 untuk calon mahasiswa Program Sarjana jalur SNBP dan SNBT.

Materi pengenalan E-Learning Platform Edunex dibawakan oleh Allya Paramita Koesoema, S.T, M.T, Ph.D., selaku Kepala Subdirektorat Perancangan Teknologi dan Konten Pendidikan serta Sandi Ruswandi, S.T., M.M., selaku Kepala Subdirektorat Pembangunan Teknologi dan Konten Pendidikan. Sesi ini dipandu oleh Wildan Firmansyah (Kewirausahaan, 2024) selaku Duta Kampus ITB 2023.

Dalam pemaparannya, Allya dan Sandi menjelaskan bahwa Edunex merupakan platform yang dikembangkan oleh ITB. Melalui Edunex, mahasiswa dapat mengakses materi pembelajaran, mengumpulkan tugas, menjawab kuis, serta berpartisipasi dalam diskusi. Dengan adanya platform ini, mahasiswa dapat belajar secara fleksibel dan interaktif, memungkinkan akses pembelajaran di mana saja dan kapan saja.

Meskipun saat ini belum memiliki fitur notifikasi aktif, Edunex sedang dalam pengembangan untuk aplikasi mobile. Aplikasi ini akan memungkinkan mahasiswa menerima notifikasi untuk tugas, pengumuman, dan lainnya. Saat ini, mahasiswa dapat mengakses Edunex melalui browser di perangkat komputer atau smartphone.

Dosen memiliki fleksibilitas dalam mengelola materi dan pembelajaran di platform Edunex. Beberapa dosen mungkin memilih untuk mengunggah semua materi, sementara yang lain mungkin membagikan sebagian saja untuk memastikan keterlibatan aktif mahasiswa dalam pembelajaran. Mahasiswa juga dianjurkan untuk tetap berkomunikasi dengan dosen mengenai penggunaan dan penempatan materi pembelajaran pada platform yang digunakan.

Melalui sesi pengenalan Edunex dalam rangkaian PMB ini, ITB berharap calon mahasiswa baru dapat memahami dan mampu memanfaatkan platform Edunex sebagai media pembelajaran yang efektif.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download