ITB Running Enthusiast: Ruang untuk Lari Bareng Sivitas Akademika ITB

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh


BANDUNG, itb.ac.id — Lebih dari 40 mahasiswa dan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tergabung dalam komunitas ITB Running Enthusiast mengadakan lari bersama mengelilingi Dago dan ITB Kampus Ganesha, Rabu (1/5/2024). Kegiatan ini diinisiasi oleh Farhatan Fajri Soblia (Arsitektur, 2021)

Gerakan ini lahir karena banyaknya mahasiswa yang tidak memiliki teman lari dan ingin merasakan kesenangan olahraga lari bersama. Melalui kegiatan ini, peserta tidak perlu risau meski tidak memiliki atribut lari yang ideal. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan ruang silaturahmi antarmahasiswa yang ingin membangun kebiasaan olahraga yang baik.

Kegiatan tersebut dimulai dengan pemanasan pukul 06:45 WIB yang dipimpin salah seorang peserta ITB Ultra Marathon, yang dilanjutkan dengan lari bersama dengan Rute Kubus ITB – Jalan Ganesha - Jalan Ciungwanara - Jalan Ir. H. Juanda - Jalan Sultan Agung - Jalan Maulana Yusuf - Jalan Diponegoro - Jalan Ir. H. Juanda - ITB Kampus Ganesha - Kubus ITB dengan total jarak tempuh 5 km. Kegiatan ini ditutup dengan pendinginan dan refreshment bersama.

“Melalui gerakan ini, harapannya teman-teman ITB bisa merasakan perasaan bahagia untuk berlari bersama tanpa takut dan malu dengan outfit apa pun dan bahkan tanpa sepatu olahraga pun. Saya percaya lari bukanlah olahraga eksklusif yang hanya dapat diikuti oleh segelintir orang,” ujar Farhatan.

Pada kegiatan ini, bahkan ada 12 mahasiswa dari ITB Kampus Jatinangor yang datang ke ITB Kampus Ganesha untuk merasakan betapa asyiknya lari bersama. Selain itu, tidak sedikit peserta yang bangga karena dapat merasakan jarak tempuh lari 5 km untuk pertama kalinya.

Aktivitas ini tidak lepas dari perencanaan yang matang dan publikasi melalui media sosial. Dengan total engagement Instragram @itb.re yang sudah mencapai ribuan akun, harapannya gerakan ini dapat menjangkau lebih banyak orang.

“ITB Running Enthusiast atau disingkat ITB RE hadir dengan membawa visi Teman Lari Terbaikmu agar menjadi ruang olahraga bagi siapa pun yang belum memiliki partner lari sehingga bisa merasakan sensasi asyiknya berlari bersama rekan-rekan yang juga menyenangi olahraga ini,” kata Farhatan.

Banyak peserta menyambut positif kegiatan ini karena dapat bertemu teman baru di lingkungan ITB. “Gerakan lari bersama ini insyaallah akan terus berlanjut ke depannya dengan berbagai bentuk latihan dan rute lari lainnya. Dengan harapan terus terjalin silaturahmi dan semangat berolahraga bersama,” tutur Farhatan.

Reporter: Ali Bahtanazar Umar (Teknik Kimia, 2021)


scan for download