Kolaborasi ITB-UMB: Langkah Maju dalam Konservasi Lahan Gambut dan Pemberdayaan Masyarakat di Berau

Oleh Stefany Septiawati Nababan - Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Tim pengabdian masyarakat Institut Teknologi Bandung (ITB) yang terdiri dari Dr. Harry Nuriman, M.Si. (Ketua Tim ITB), Dr. Muhammad Sonny Abfertiawan, S.T., M.T., Dr. Nia Kurniasih, M.Hum., dan Anuraga Bagaskara Putra Prayoga (15822024) bekerja sama dengan akademisi Universitas Muhammadiyah Berau (UMB) dalam upaya rehabilitasi lahan gambut di Kabupaten Berau. Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini dihadiri oleh Wakil Rektor, Dekan, Ketua LPPM, dosen, dan mahasiswa UMB di Aula Pascasarjana UMB pada Senin (29/7/2024).

Kegiatan ini dibuka oleh sambutan Ketua Kelompok Keahlian Ilmu-ilmu Kemanusiaan (KKIK) ITB, Dr. Nia Kurniasih, M.Hum. Beliau memaparkan tentang pentingnya Ilmu-ilmu Kemanusiaan dalam mendukung keberlanjutan. "Kami berharap pertemuan ini menjadi tonggak awal kerja sama ITB dengan Universitas Muhammadiyah Berau dan masyarakat Kalimantan Timur," tutur Dr. Nia.

Beliau juga menawarkan berbagai kegiatan akademis seperti kolaborasi penelitian, pengabdian masyarakat, penyelenggaraan konferensi, dan penulisan artikel jurnal.

Sementara itu, sesi selanjutnya disampaikan oleh Dr. Muhammad Sonny Abfertiawan, S.T., M.T., yang menjelaskan mengenai pentingnya konservasi lahan gambut dan keterlibatan masyarakat dalam proses ini. "Kabupaten Berau memiliki sejumlah Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG) yang penting untuk dijaga dan dikonservasi," tutur Dr. Sonny.

Sementara itu, Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Dr. Harry Nuriman, M.Si., menjelaskan tentang platform monitoring dan evaluasi lahan gambut yang dikembangkan oleh ITB. "Lahan gambut ini perlu dirawat dan dikonservasi karena mampu menampung hingga 30% jumlah karbon dunia agar tidak terlepas ke atmosfer," jelas Dr. Harry.

Dr. Harry juga memperkenalkan platform dmpg.org yang dapat digunakan untuk memantau kegiatan pemberdayaan ekonomi berbasis gambut. Kemudian, Anuraga Bagaskara, mahasiswa Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air ITB, turut memberikan tutorial singkat tentang penggunaan platform dmpg.org.

Di sisi lain, Ketua LPPM UMB, Dr. Abdul Hakim merespons positif kerja sama antara keduanya. Beliau menyatakan kesediaan UMB untuk bekerjasama dalam penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kegiatan akademik lainnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan sinergi antara ITB dan UMB untuk bersama-sama mendukung konservasi lahan gambut dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sebab, antusias peserta memberikan harapan agar kegiatan ini dapat terus berlanjut dan mempererat hubungan ITB dan UMB, khususnya melalui pemberdayaan lahan gambut yang dapat diakses melalui website dmpg.org.

Reporter : Stefany Septiawati Nababan (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)
Foto : Dokumentasi Tim Pengabdian Masyarakat


scan for download