Kreatif Lewat Pameran Poster Tugas Akhir dan Tesis

Oleh Ramasha Shella Gustia

Editor Ramasha Shella Gustia

BANDUNG, itb.ac.id - Tidak ingin mematikan kreativitas mahasiswa yang baru saja menyelesaikan Tugas Akhir dan tesis, Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung menyelenggarakan sebuah pameran poster Tugas Akhir dan tesis mahasiswa yang akan diwisuda pada April 2011 mendatang. Tidak hanya pengetahuan, poster-poster ini juga menunjukkan kreativitas mahasiswa Teknik Informatika ITB. Setiap poster memiliki keunikan tersendiri.

Belasan poster karton berukuran A1 terpampang di sepanjang lorong lantai dua Gedung Laboratorium Teknik Benny Subianto pada Senin (28/03/11) yang lalu. Poster-poster ini dipajang pada beberapa lemari kaca. Desain yang unik dan beragam menarik pengunjung untuk melihat poster-poster hasil karya mahasiswa calon wisudawan Teknik Informatika ini.

Tidak hanya dari segi desain, isi yang menarik dan membuka wawasan juga menjadi daya tarik pameran poster ini. Isi dari poster-poster ini merupakan hasil penelitian Tugas Akhir mahasiswa Strata 1 (S1)  dan Thesis mahasiswa Strata 2 (S2). Jika pengunjung membutuhkan penjelasan dan tertarik ingin mengetahui apa yang terpampang di poster, mahasiswa yang membuat poster tersebut siap untuk menjawab pertanyaan pengunjung.

"Sebenarnya tidak mudah membuat poster-poster ini. Mahasiswa diharuskan merangkum semua materi Tugas Akhir atau Thesis mereka yang mungkinsaja mencapai ratusan lembar itu ke dalam sebuah poster berukuran A1. Mereka juga harus dapat memvisualisasikan keseluruhan penelitian mereka tanpa membuat pengunjung yang melihat poster tersebut bingung mengenai apa yang ingin mereka sampaikan," ungkap Dr. Ir. Rinaldi Munir, salah satu dosen Program Studi Teknik Informatika lewat blog pribadinya (http://rinaldi munir.wordpress.com).

Tampak di tengah-tengah pengunjung Profesor Seiichi Nakagawa dari Toyohashi University of Technology Jepang. Beliau menyempatkan diri mengunjungi pameran ini setelah sebelumnya memberikan kuliah umum mengenai speech recogniton di gedung yang sama.


scan for download