Kuliah Lapangan Teknik Perminyakan ITB Angkatan 2007

Oleh alitdewanto

Editor alitdewanto

BANDUNG, itb.ac.id- Sebagai pengenalan lapangan industri perminyakan, diadakan kuliah lapangan bagi mahasiswa teknik perminyakan ITB angkatan 2007. Kuliah lapangan tersebut diadakan di PT Chevron Pasifik Indonesia (PT CPI) yang berlokasi di Minas, Duri, dan Rumbai, Provinsi Riau. Rangkaian kegiatan kuliah lapangan ini berlangsung dari Senin (22/06/09) hingga Kamis (25/06/09).

Pada hari pertama, Executive Director PT CPI, Jeffrey Shellebarger, berkenan untuk memberikan sambutan. Sedangkan dari rombongan Teknik Perminyakan ITB diwakili oleh Widjajono Partowidagdo, dosen wali yang sekaligus merupakan Profesor Guru Besar Ekonomi Migas Teknik Perminyakan ITB. Hingga saat ini, PT CPI merupakan salah satu perusahaan minyak dan gas yang terkemuka di Indonesia dengan total produksi mencapai hampir 50% total produsi nasional.

Product Sharing Contract (PSC)

Dalam salah satu sesi, para peserta berkesempatan mendapatkan ulasan mengenai Gambaran Umum Operasi PT CPI yang dibawakan oleh Jati Susetya, Manager of Police Goverment and Public Affairs. Salah satu concern presentasi ialah mengenai Product Sharing Contract (PSC). Jati menjelaskan skema kontrak bagi hasil tersebut dengan beberapa ketentuan antara PT CPI dan BP Migas (Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi), otoritas yang ditunjuk pemerintah pusat. "Yang dibagi dalam PSC ialah minyak mentahnya." terang Jati. "Kalau dihitung-hitung sampai akhir pembagiannya pemerintah dapat 90.9% sedangkan PT CPI 9.10 %." BP Migas memiliki kewenangan, diantaranya pemilikan aset dan pemegang hak pengelola wilayah kerja penambanagan. Sedangkan PT CPI snediri sebagai pelaksana bisnis, penyedia modal, teknologi, dan SDM.

Beberapa presentator lainnya ialah:
- Yarmanto, Manager Eksploration, mengulas tentang New Developmment Overview
- Luki membahas Minas Surfactant Project
- Lysa Ariyanti mengenai Oveview Heavy Oil.

Students-Alumni Gathering


Dalam kesempatan ini, juga diadakan Students-Alumni Gathering. Tujuan acara ini ialah mendekatkan para mahasiswa teknik perminyakan dengan alumninya yang bekerja di PT CPI. Para alumni cukup antusias menggagas acara ini dilihat dari keseriusan untuk saling berbagi mengenai kehidupan kuliah dan kerja yang telah dilewati. Selain itu, para alumni juga mengajarkan kebolehan mereka dalam bermain golf kepada para peserta.

Para alumni juga menunjukkan kesediaannya untuk menjadi guide bagi para peserta ketika mengunjungi lapangan-lapangan di lokasi Minas dan Duri. Lapangan yang dikunjungi seperti Surfactant Project yang merupakan salah satu proyek PT CPI untuk oil recovery. Lapangan Minas-1 yang merupakan lapangan pertama yang diproduksi di Riau juga turut mendapat sorotan.  Para peserta juga mendapatkan kesempatan melihat proses kegiatan pemboran di salah satu lapangan Duri.

" Terimakasih banget untuk para alumni atas terselenggaranya acara ini. Selain mendapat kekeluargaan, kami juga mendapatkan ilmu." ujar Nikita, salah satu peserta, saat memberikan pesan kesan. Secara formal ucapan terimakasih juga disampaikan oleh dosen wali, Ucok W.R. Siagian yang sekaligus merupakan Kepala Pusat Kebijakan Keenergian ITB.


scan for download