Kuliah Umum SAPPK ITB Bahas Manajemen Proyek Pembangunan

Oleh Asya Aulia Sukma - Mahasiswa Arsitektur, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

Penyampaian materi Project Management and Implementation oleh Dr. Andi Cakravastia A. R., S.T., M.T. di ITB Kampus Cirebon, Senin (20/5/2024). (Zoom/Asya Aulia Sukma)

BANDUNG, itb.ac.id - Program Studi Magister Arsitektur Lanskap Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung (SAPPK ITB) menutup perkuliahan umum pada semester genap 2023/2024 dengan mengajak mahasiswa meninjau kondisi lapangan pembangunan ITB Kampus Cirebon.

Kuliah umum seri terakhir tersebut diselenggarakan pada Senin (20/5/2024) secara bauran di Ruang Multipurpose Lantai 3 Gedung Multifungsi B, ITB Kampus Cirebon. Adapun topik yang diangkat adalah “ITB Multikampus Project Management and Implementation”.

Kuliah ini dihadiri Dr. Andi Cakravastia A. R., S.T., M.T., Direktur Pengembangan ITB, Kelompok Keahlian Sistem Industri dan Tekno Ekonomi FTI ITB. Beliau memaparkan tujuan utama dari sebuah proyek adalah performance, time, dan cost. Namun, dalam sektor publik, sebelum masuk ke tujuan tersebut terdapat satu tujuan lain di atasnya, yaitu akuntabilitas.

“Bagaimana kita mencapai optimasi dari ketiga tujuan tersebut itu caranya dengan me-manage dari awal proses. Jika kita sudah memahami konsekuensi-konsekuensi itu sejak awal, me-manage agar tujuan suatu proyek tercapai tentu akan lebih mudah,” ujar beliau.

Beliau menekankan kuncinya adalah kerja sama. Penting untuk memiliki project management yang solid. Jika hal itu tidak ada, kemungkinan akan menjadi beban sendiri untuk manajer proyek.

Reporter: Asya Aulia Sukma (Arsitektur, 2021)


scan for download