Laboratorium Bersama ITB-Daewoong Foundation: Wadah Pengembangan Riset dan Inovasi di Bidang Farmasi

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangka pengembangan industri kefarmasian dan kesehatan di Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerja sama dengan Daewoong Foundation membentuk Joint Research Laboratory.

Laboratorium ini diberi nama "Drug Delivery System Research Institute ITB-Daewoong Foundation". Kerja sama tersebut dimulai pada tahun 2021 dan dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) pada September 2022. Inisiatif ini adalah langkah strategis pula dari ITB dan Daewoong untuk memperluas pemanfaatan alat-alat di bidang farmasi dan kesehatan untuk penelitian dan pengujian.

Dosen dari Kelompok Keahlian (KK) Farmasetika Sekolah Farmasi (SF) ITB sekaligus Kepala Pusat Hilirisasi Farmasi ITB, Dr. apt. Amirah Adlia, S.Si., M.Si., menyatakan kolaborasi ini tidak hanya memberikan manfaat bagi ITB dalam pengembangan ilmu pengetahuan, namun juga dapat memberikan nilai tambah bagi industri farmasi yang ada di Indonesia.

"Misalnya produk-produk farmasi yang dikembangkan di ITB akan semakin memiliki nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi, Sehingga dapat mendukung industri farmasi dalam negeri dengan lebih baik," ujarnya.

Fasilitas di Drug Delivery System Research Institute ITB-Daewoong Foundation

Laboratorium Bersama ini berlokasi di Sekolah Farmasi (SF) ITB, ITB Kampus Ganesha, Bandung. Drug Delivery System Research Institute ITB-Daewoong Foundation ini mempunyai fasilitas yang sangat lengkap, termasuk beberapa alat atau mesin yang langsung diimpor dari Jepang.

Dr. Amirah Adlia menyatakan berbagai peralatan tersebut telah diatur agar sesuai dengan standar industri farmasi. Pihaknya pun memastikan kelancaran alih teknologi dari tahap penelitian dan pengembangan menuju produksi skala besar.

"Berbagai fasilitas yang ada di Laboratorium Bersama ini diharapkan dapat semakin menghasilkan riset yang berkualitas," katanya.

Ada pun beberapa fasilitas yang ada di laboratorium tersebut antara lain Dissolution Room, di mana alat-alat di ruangan ini ini berfungsi untuk mengukur seberapa cepat serta efisien obat terlarut dalam tubuh setelah dikonsumsi. Kemudian ada Analysis Room yang digunakan untuk menganalisis serta memastikan setiap obat dapat dikembangkan sesuai dengan indikator maupun standar kualitas yang telah ditetapkan.

Lalu terdapat Weighing Room, yakni ruangan yang ditujukan untuk proses penimbangan bahan-bahan farmasi. Agar setiap bahan-bahan obat dapat terjaga konsistensi serta keamanannya.

Ada pula Stability Chamber Room, di mana ruangan ini berfungsi guna melakukan pengujian stabilitas obat dalam berbagai kondisi lingkungan, disesuaikan suhu, kelembaban dan lain sebagainya.

Beralih ke Tabletting Room yang dilengkapi dengan mesin-mesin canggih untuk memproduksi tablet obat. Di sini para peneliti dapat melakukan uji coba dalam formulasi tablet hingga memastikan kualitas obat tetap terjaga.

Tak lupa ada pula Storage for Material Room, yang bermanfaat untuk memastikan kualitas bahan baku obat terjaga dengan baik. Ruang penyimpanan tersebut dirancang khusus untuk menyimpan bahan-bahan farmasi dalam kondisi yang optimal.

Prospek ke Depan Drug Delivery System Research Institute ITB-Daewoong Foundation


Kolaborasi ini memberikan dampak yang positif bagi kedua belah pihak, baik dari segi industri maupun akademisi. Daewoong Foundation yang merupakan salah satu pelaku industri farmasi, bisa mendapatkan akses langsung ke hasil riset ilmiah yang dikembangkan para ahli, dosen, serta mahasiswa ITB. Di sisi lain ITB juga dapat memperoleh kesempatan untuk memanfaatkan alat-alat canggih dan dana riset yang berasal dari industri.

"Skema ini pun memungkinkan para mahasiswa dan peneliti dari ITB untuk berkolaborasi dengan tim dari Daewoong, untuk memperkaya pengalaman dan keterampilan mereka dalam menghadapi tantangan riset yang kompleks," ungkap Kepala Laboratorium Drug Delivery System Research Institute ITB-Daewoong Foundation Dr. Yuda Prasetya Nugraha.

Kerja sama tersebut tidak hanya diharapkan memberikan kontribusi bagi riset ilmiah di Indonesia, namun juga dapat membantu ITB dalam mengakselarasi transfer sekaligus memberikan dukungan bagi industri farmasi. Sehingga ke depannya semakin tercipta ekosistem riset yang lebih maju dan bermanfaat bagi perkembangan farmasi, tidak hanya di Indonesia namun juga dalam kancah global.


scan for download