Lebih Dekat Dengan Kampus Gajah Melalui Aplikasi ITBapp

Oleh Syardianto

Editor Syardianto

Bandung, itb.ac.id - Pelayanan akan teknologi informasi adalah kebutuhan primer di era modernisasi. Kebutuhan teknologi seperti penggunaan handphone, tablet, personal computer dengan berbagai jenis dan bentuk telah digunakan oleh khalayak banyak. Dengan satu teknologi yang mereka miliki telah dapat membuat mereka mengetahui informasi dari berbagai sumber dan berkomunikasi secara aktif maupun pasif dengan mengakses jaringan yang bernama internet. Data Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa di akhir tahun 2013 tercatat pengguna internet di Indonesia mencapai 79,19 juta orang, pada posisi pertama sebanyak 95,75% pengguna internet memanfaatkan internet untuk surat elektronik dan berkomunikasi melalui media sosial, dan pada posisi kedua 78,49% penggunaan internet berorientasi akan kebutuhan mencari informasi. 
Melihat animo masyarakat yang begitu besar akan penggunaan teknologi informasi ini, Tim Webmaster Unit Sumber Daya Informasi (USDI) ITB turut memanfaatkan kondisi ini dengan membuat layanan informasi baru berupa aplikasi yang dapat membuat masyarakat mengenal lebih dekat kampus ITB ini, aplikasi tersebut bernama "itbapp".


Ditemui pada wawancara singkat, Kamis (20/03/14) Aris yang merupakan salah satu anggota Tim Webmaster pembuat itbapp ini mengakui bahwa aplikasi itbapp merupakan salah satu program dari USDI ITB. Pasalnya aplikasi ini dapat mempermudah mahasiswa ITB sendiri dan masyarakat luar untuk mengakses informasi seputar kampus bercap gajah ini dengan lebih mudah dan efisien melalui telepon genggam yang mereka miliki. "Mereka tidak perlu mengunjungi website ITB dengan terlebih dahulu membuka browser internet dan mengisi alamat website, karena dengan aplikasi itbapp ini, cukup dengan mengunduh aplikasinya dan klik pilihan menu maka kita sudah langsung bisa mendapatkan informasi yang ingin kita lihat," tutur Aris bersemangat.

Saat ini, itbapp tersedia pada pengguna telepon genggam yang memiliki sistem operasi berjenis android, hal ini didasari karena permintaan pasar pengguna andorid terbilang besar yaitu mencapai 189% di Indonesia dan lebih dari 65% telepon genggam yang beredar di Indonesia memiliki sistem operasi jenis android. Untuk itulah android ditunjuk sebagai media pertama peluncuran aplikasi ini. Demi terciptanya teknologi yang terus berkembang, Aris bersama tim akan terus mengembangkan produk ini seperti yang saat ini sedang dilakukan yaitu proses pengembangan sistem itbapp sehingga dapat diunduh juga pada pengguna telepon genggam dengan sistem operasi jenis iOS .

Didalam itbapp sendiri terdapat pilihan menu yang bisa dipilih, seperti website ITB, blog ITB, twitter ITB, layanan video youtube pada channel ITB, agenda ITB, dan berbagai aplikasi seputar ITB. Semua kemudahan-kemudahan yang diberikan aplikasi ini sangat membantu setiap orang untuk selalu bisa mengetahui informasi aktual dan tercepat yang dimiliki ITB.

Sebut saja Riezqo (Sekolah Elektro dan Informatika ITB 2013), mengakui bahwa dirinya sangat menyukai aplikasi ini, karena disela-sela kesibukan kuliah dan akademik yang dilakukannya setiap hari sehingga membuatnya tidak mempunyai waktu untuk membuka komputer dan berselancar pada jaringan internet, maka dengan itbapp ini banyak hal mengenai ITB bisa dia ketahui, misalnya berita-berita terkini dan video tentang itb telah masuk pada pemberitahuan di telepon genggam yang dia miliki. "Itbapp adalah layanan informasi terbaru baru ITB yang dapat membuat kita semakin cinta pada Institut ini," ujar Riezqo.


scan for download