Lebih Dekat dengan Statistika Dasar: Pameran Poster Kreatif Mahasiswa ITB

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

Penilaian poster mahasiswa meteorologi pada pameran poster mahasiswa statistika dasar di Gedung CAS ITB Kampus Ganesha, Jumat (31/5/2024). Dok Humas ITB/Mely Anggrini

BANDUNG, itb.ac.id – Mata kuliah Statistika Dasar di bawah Program Studi Matematika Institut Teknologi Bandung (ITB), gelar kegiatan pameran poster yang diikuti oleh mahasiswa tingkat 2 (dua) program studi Meteorologi dan Teknik Pertambangan bertempat di selasar Gedung CAS, ITB Kampus Ganesha pada Jumat (31/5/2024).

Salah satu dosen mata kuliah Statistika Dasar, Adilan Widyawan Mahdiyasa, S.Si., M.Si., menjelaskan bahwa pameran poster ini diadakan agar para mahasiswa mata kuliah Statistika Dasar dapat memahami peranan teori statistika yang telah dipelajari di kelas dan dapat diterapkan pada bidang keilmuan mereka masing-masing.

“Statistika Dasar adalah mata kuliah layanan dari prodi Matematika untuk prodi-prodi di luar matematika, seperti metalurgi, pertambangan, minyak, meteorologi, dan lain sebagainya. Kita ingin selain membekali mereka, mahasiswa juga memiliki pengalaman secara langsung bagaimana menerapkan ilmu ini di bidang mereka masing-masing,” ujarnya.

Beliau berharap dengan adanya pameran ini, mahasiswa lebih terbiasa mengolah data dan mengetahui aplikasi ilmu dari apa yang telah mereka pelajari hingga saat ini. Bukan hanya itu, pada kesempatan pameran selanjutnya, beliau turut mengajak dosen-dosen dari prodi terkait agar datang menghadiri dan memberi masukan terkait pekerjaan poster setiap mahasiswa.

Kelompok mahasiswa statistika dasar dari program studi meteorologi 2022 dengan penelitian korelasi temperatur udara terhadap kelembapan relatif dan kelembapan absolut di Kota Bandung pada tahun 2021-2023. Dok Humas ITB/Mely Anggrini

Salah satu mahasiswa Program Studi Meteorologi Angkatan 2022, Rizma Dwinanda Prawira, menyampaikan penelitian kelompoknya terkait “Korelasi Temperatur Udara Terhadap Kelembapan Relatif dan Kelembapan Absolut di Kota Bandung pada Tahun 2021-2023”.

Selain itu, ia sangat antusias terhadap pameran statistika dasar ini. Dia mengaku ingin mengetahui lebih lanjut terkait analisis data, tujuan, hingga manfaat penelitian yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa lainnya.

“Kalau dari analisis data yang kelompok saya telah lakukan, kami ingin tau dari suatu alat yang namanya Atmospheric Water Generator, kira-kira bagus atau tidak untuk dipasang di Kota Bandung dengan temperatur dan kelembapan yang ada. Ternyata dari analisis data yang telah kami lakukan, hasilnya cocok,” ujar Rizma.

Rizma berharap bahwa ITB dapat memasang Atmospheric Water Generator (AWG) yang berfungsi sebagai alternatif penghasil air minum dengan cara mengekstraksi air dari sumber kelembapan udara yang ada di sekitar lingkup kampus ITB.

Kegiatan pameran poster ini ditutup dengan pemilihan poster terbaik dari setiap kelas statistika dasar dan Rizma serta kawan-kawan menjadi salah satu kelompok dengan penilaian terbaik pada tahun ini.

Reporter: Mely Anggrini (Meteorologi, 2022)


scan for download