MBWG ITB Sabet Juara Umum Divisi Open BMBC 2012

Oleh Gilang Ariawan Wicaksono

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Marching Band Waditra Ganesha (MBWG) ITB kembali membawa nama baik ITB di ajang kompetisi Bandung Marching Band Championship (BMBC) 2012. MBWG ITB menjadi juara umum Divisi Open pada kompetisi yang diselenggarakan Jumat-Minggu (12-14/10/2012) di GOR Padjajaran, Bandung. Divisi Open mempertandingkan kelompok Marching Band baik dari perguruan tinggi, instansi pemerintah/BUMN, perusahaan swasta, maupun organisasi umum. Dari kemenangan ini, MBWG ITB berhasil merebut piala bergilir walikota Bandung mengalahkan peserta lain yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Pada kompetisi kali ini, MBWG ITB membawa tema Lion King. Tema ini dipilih mengalahkan beberapa tema lain seperti Star Trek karena dirasa cukup dikenal banyak orang. Kisah populer dari Disney yang menceritakan perjalanan seekor anak singa hingga menjadi raja seluruh hewan diceritakan secara apik dalam empat bagian atau movement. Dalam setiap bagian, cerita ini dibawakan dengan iringan musik dan tarian dari tim color guard.

Perjalanan MBWG ITB menuju BMBC 2012 tidaklah mudah. Latihan rutin dilakukan setiap hari hingga larut malam. Akan tetapi, semua itu membuahkan hasil membanggakan. MBWG ITB berhasil meraih hampir semua penghargaan yaitu Juara 1 Field Commander, Juara 2 Solo Horn, Juara 1 General Effect, Juara 1 Front Ensemble, Juara 1 Solo Percussion, Juara 1 Field Music, Juara 1 Musik Terbaik, Juara 1 Visual Terbaik, dan Juara 1 Color Guard. Dengan sembilan gelar juara, MBWG ITB menutup kompetisi ini dengan merebut gelar Juara Umum sekaligus mendapat kembali gelar juara pertama setelah 25 tahun.

"BMBC tahun ini penyelenggaraannya lebih bagus dibandingkan tahun-tahun lalu. Tahun ini juga lebih menarik karena banyak tim marching band baru yang tahun lalu belum mengikuti kompetisi ini. Kompetisinya jadi lebih ramai dan seru," ujar La Ode Azril Fitrah Anugrah (Teknik Tenaga Listrik 2009) selaku Field Commander MBWG ITB pada BMBC 2012. "Dari sini diharapkan MBWG dapat berkembang lebih baik dari tahun ke tahun dan merebut lebih banyak lagi gelar juara. Selain itu diharapkan pula MBWG dapat menjadi Marching Band yang dipandang sebagai salah satu Marching Band di Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri," tambahnya.


scan for download