Memperkenalkan Dunia Keuangan melalui Alumni

Oleh Owen Nixon Jimawan

Editor Owen Nixon Jimawan

BANDUNG, itb.ac.id - Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB kembali mengadakan acara tahunannya yang bertema Investor Gathering. Tahun ini, kegiatan tahunan tersebut mengusung tema Cadence in Finance dan diadakan di Auditorium SBM ITB pada Rabu (16/11/16). Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi para mahasiswa yang masih duduk di bangku perkuliahan, khususnya mahasiswa tingkat akhir, yang ingin berkarir di dunia keuangan (finance) namun masih belum memiliki gambaran jelas mengenai profesi yang ada pada bidang tersebut. Acara tahunan ini merupakan kerja sama antara Capital Market and Investment Laboratory (CMIL) SBM ITB dengan Kresna Sekuritas.

Pada Investror Gathering sebelumnya yang berlangsung di tahun 2015, Investor Gathering membawakan topik Indonesian Market Outlook 2016 dengan menghadirkan Tito Sulistio, Presiden Direktur Bursa Efek Indonesia; Michael Steven, Presiden Direktur Kresna Sekuritas; dan Martin Panggabean, ekonom sekaligus dosen SBM ITB. Saat itu disampaikan beberapa poin mengenai kondisi makro ekonomi di Indonesia yang mungkin terjadi di tahun 2016 akibat pengaruh dari kondisi tahun 2015 dan juga pemaparan mengenai Bursa Efek Indonesia (BEI).

Berbeda dari tahun sebelumnya yang lebih berfokus pada wawasan mengenai pengetahuan intelektual dalam perekonomian dan investasi, kali ini para pembicara yang diundang adalah alumni-alumni yang pernah menempuh pendidikan di SBM ITB dengan tujuan pemberian wawasan yang lebih mengarah ke dunia pekerjaan. Pembicara tersebut antara lain Muhammad Idwenda Dachyar, B.Mgt.,M.M. (SBM ITB 2008); Hanel Topada Era Tania, B.Mgt., CFA (SBM ITB 2010); dan Ratna Mutiarani, B.Mgt., M.M., MBA (SBM ITB 2010). Ketiga narasumber tersebut saat ini tengah bekerja di sektor manajemen investasi, analis, dan juga perbankan. Acara dibuka oleh Deddy P. Koesrindartoto, Ph.D selaku Head of Capital Market and Investment Laboratory SBM ITB dan Head of Kresna SBM ITB Financial Trading Center dengan pemaparan singkat mengenai CMIL dan juga acara tahunan Investor Gathering ini. Kemudian acara dilanjutkan dengan berbagi pengalaman dari para narsumber mengenai berkarir di dunia keuangan (finance) serta bagaimana tantangan dan apa saja kualifikasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa dalam perjalanan karir mereka terutama disaat mahasiswa baru memasuki dunia pekerjaan. Dengan diadakannya acara yang berbeda dari biasanya ini diharapkan mahasiswa selain memperoleh ilmu pengetahuan mengenai dunia keuangan juga mendapat gambaran mengenai pekerjaan mereka nantinya.

 

Sumber Foto: Dokumen Pribadi


scan for download