Menggagas Masa Depan, GenBI ITB dan Bank Indonesia Dorong Ekonomi Digital di Kalangan Mahasiswa

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Generasi Baru Indonesia Institut Teknologi Bandung (GenBI ITB) menyelenggarakan webinar bertajuk "Membangun Masa Depan Ekonomi Digital: Perspektif Bersama Bank Indonesia", pada Rabu (22/5/2024) di platform Zoom. Acara ini tidak hanya diikuti oleh anggota GenBI ITB tetapi dari berbagai universitas di Jawa Barat hingga menarik perhatian kalangan umum.

Ketua GenBI ITB, Reyhan Satya Wicaksana (12220117) membuka acara sekaligus mengungkapkan tujuan dari kegiatan tersebut. "Kegiatan ini dilangsungkan untuk memberikan wadah bagi teman-teman sekalian mengenal digitalisasi ekonomi di Indonesia dan peran kita sebagai mahasiswa untuk menghadapi tantangan perekonomian yang ada," tutur Reyhan.

Webinar ini terbagi dalam dua sesi yang menghadirkan berbagai narasumber. Sesi pertama diisi oleh Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Yusi Yuliana, yang membahas mengenai digitalisasi ekonomi.

"Di mana pun kita berada saat ini pasti dekat dengan teknologi. Sejak kita bangun tidur hingga tidur kembali, semuanya berkaitan dengan teknologi. Harapannya, teknologi tersebut bisa kita manfaatkan dengan bijak, salah satunya dalam inovasi perekonomian yaitu QRIS sebagai pembayaran non tunai di Indonesia," ucapnya.

Sesi kedua dilanjutkan oleh dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB, Atika Irawan, M.Sc. Beliau mengupas tentang masa depan ekonomi digital di Indonesia, memberikan wawasan mendalam mengenai prospek dan tantangan yang akan dihadapi.

Antusiasme peserta terlihat sangat tinggi, terbukti dari sesi tanya jawab yang dipenuhi banyak pertanyaan hingga waktu yang disediakan tidak mencukupi.

"Harapannya, kegiatan webinar seperti ini dapat terus berlangsung dengan tema yang relevan dengan tantangan kita di masa yang akan datang dan juga mampu menjangkau kalangan yang lebih luas lagi nantinya," tutur salah satu panitia webinar GenBI ITB, Zefanya Yedija Hamonangan.

Webinar ini diharapkan menjadi langkah awal bagi para mahasiswa dan masyarakat untuk lebih memahami dan berperan aktif dalam menghadapi era digitalisasi ekonomi yang semakin berkembang di Indonesia.

Reporter : Stefany Septiawati Nababan (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)
Foto : Dokumentasi Panitia Webinar GenBI ITB 2024.


scan for download