Mengupas Kunci Sukses di Dunia Desain dan Copywriting dalam SEG ITB Orientation 2024

Oleh Rayhan Adri Fulvian - Mahasiswa Teknik Geofisika, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

SEG ITB gelar SEG Orientation Day 1 dengan bahasan desain grafis dan copywriting, Senin (8/7/2024). (Dok. SEG ITB)

BANDUNG, itb.ac.id - Society of Exploration Geophysicists, Institut Teknologi Bandung (SEG ITB) menggelar SEG Orientation Day 1, sebuah acara yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan organisasi dan profesionalisme anggotanya, Senin (8/7/2024).

Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara inspiratif, yaitu Maefina Aisha Putri Tanjung, Graphic Design Manager SEG ITB 2024/2025, dan Clara Fortunata Wijaya, Presiden Boulevard ITB 2022/2023 sekaligus Copywriter di How’s Life and I Am Okay.

Maefina menjelaskan bahwa desain grafis adalah seni dan praktik merancang serta mengombinasikan elemen-elemen visual seperti tipografi, gambar, dan warna untuk menyampaikan pesan atau informasi.

"Desain grafis memiliki elemen-elemen seperti warna, garis, bentuk, ruang (negative space), tekstur, ukuran elemen, dan nilai (terang-gelap)," ujar Maefina.

Maefina mengungkapkan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam mempelajari desain grafis. Kelebihannya, kreativitas desainer dapat diekspresikan tanpa batas, dengan peluang karier yang luas di bidang periklanan, media, penerbitan, dan teknologi. Desain grafis juga memungkinkan seseorang bekerja sebagai freelancer atau mengambil pekerjaan paruh waktu. Namun, tantangan yang dihadapi desainer grafis adalah menjaga keseimbangan antara kreativitas dan permintaan klien.

Maefina menjelaskan hal seputar dunia desain grafis. (Dok. SEG ITB)

Sementara itu, Clara membahas tentang copywriting, yang dia jelaskan sebagai kegiatan mentransfer apa yang dilihat, didengar, dan dipikirkan menjadi ilustrasi atau audio visual. Tujuannya adalah untuk mempertahankan pelanggan lama, menarik pelanggan baru, dan mendorong calon pelanggan. "Tugas kami sebagai copywriter adalah mengumpulkan informasi yang awalnya sulit dipahami dan menjadikannya mudah untuk dimengerti," katanya.

Untuk menjadi copywriter yang baik, Clara menekankan pentingnya memahami tujuan hingga dampak, mengerti audiens dan gaya perusahaan, serta berhati-hati dalam memilih diksi. "Empati dengan audiens dan persuasi juga termasuk hal yang sangat penting," ujarnya.

Clara memaparkan definisi dan tujuan copywriting. (Dok. SEG ITB)

Acara ditutup dengan pesan dari Anindya Roro Renjani Jingga Maharani, Skill Development Manager SEG ITB 2024 yang menjadi penanggung jawab dari kegiatan ini. "Saya bangga dapat menyelenggarakan acara ini, dan saya berterima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi. Tetap semangat dalam meningkatkan keterampilan masing-masing, Divisi Skill Development SEG ITB siap membimbing kalian di acara-acara berikutnya,” ujar Anindya.

SEG Orientation Day 1 sukses memberikan wawasan baru, sekaligus memotivasi anggota SEG ITB untuk terus berkembang dalam bidang desain grafis dan copywriting. Acara ini menjadi langkah awal yang penting dalam mempersiapkan anggota SEG ITB untuk menjadi profesional yang lebih kompeten dan kreatif di masa depan.

Reporter: Rayhan Adri Fulvian (Teknik Geofisika, 2021)


scan for download