Dorong Inovasi dan Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa, ITB Gelar ITB Startup Bootcamp 2024

Oleh Iko Sutrisko Prakasa Lay - Mahasiswa Matematika, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung Career Center (ITB CC) berkolaborasi dengan Business Initiative Movement (BIM) dan Startup Bandung kembali menyelenggarakan “ITB Startup Bootcamp 2024”, di CC Timur, ITB Kampus Ganesha. Acara tahunan yang terbuka secara umum ini bertujuan mendorong inovasi dan kewirausahaan di kalangan mahasiswa, serta memperkuat ekosistem startup di Indonesia.

ITB Startup Bootcamp 2024 terdiri atas dua bagian utama. Pertama, sesi pembelajaran dasar tentang startup. Peserta diperkenalkan dengan berbagai materi penting seperti penentuan anggota tim, pemasaran, legalitas, dan lain-lain. Kedua, sesi sharing dan mentoring dengan menghadirkan para pelaku startup yang sukses mengembangkan startup mereka, yang bertujuan membantu peserta melebarkan sayap dalam bisnis yang mereka jalani ke tahap yang lebih lanjut.

Bagian pertama yang disebut kelompok StartingUp, ditujukan bagi peserta yang baru memiliki ide bisnis atau startup yang masih belum berjalan sehingga mereka membutuhkan materi-materi dasar dalam membangun startup. Materi untuk kelompok ini mencakup “How to Start a Team” oleh Farih Muwaffaq, “Adm, Legal, and Tax” oleh M. Gani Kurnia, “Cara Ampuh Memulai Bisnis” oleh Yoel Tristan, “Branding and Marketing Basic” oleh Arius Friyansyah, dan “Intro to Agile and Digital Mindset” oleh Anggy Edo, yang digelar Sabtu (29/6/2024).

Sementara itu, bagian kedua yang disebut kelompok ScalingUp, ditujukan bagi peserta yang sudah memiliki startup yang telah berjalan dan atau membutuhkan pengembangan lebih lanjut. Sesi mentoring untuk kelompok ini mencakup topik-topik seperti investasi, pemahaman ekosistem dan keberlanjutan, serta teknologi scaling up, growth hack, dan USP (Unique Selling Point). Para mentor yang terlibat dalam sesi ini antara lain Norman Ibrahim dan Dwi Indah Anggraini dari Startup Jakarta, Annisa Kasya Salsabila, dan Azhar M. Fuad.

Koordinator ITB Startup Bootcamp 2024, Nur Islami Javad yang sekaligus merupakan alumnus ITB BI’05 dan MAB’15, menggambarkan bootcamp ini sebagai sebuah proses belajar yang unik dan menyenangkan.

“Kita saling berproses bersama. Belajar tapi formatnya beda dari biasanya. Seperti kata Pak Hafiz, pimpinan ITB Career Center, kita menyatukan konsep Takeshi Castle dengan Squid Game, tapi bedanya di sini semua sehat dan tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Acara ini diikuti 165 peserta, yang sebagian besar berasal dari Bandung, namun ada juga yang datang dari luar kota seperti Cianjur, Jakarta, dan daerah-daerah sekitar Bandung lainnya. ITB Startup Bootcamp 2024 terbuka untuk umum, sehingga peserta tidak hanya berasal dari kalangan mahasiswa ITB, tetapi juga masyarakat umum yang tertarik untuk memulai usaha.

Ketua ITB Career Center, Hafiz Aziz Ahmad, S.Sn., M.Des., Ph.D., menyampaikan bahwa bootcamp ini merupakan bagian dari kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha X Technopreneurship Orientation Program (PMW X TOP), program wirausaha mahasiswa yang rutin diadakan setiap tahun.

“Direktorat Kemahasiswaan ITB melalui ITB Career Center punya kegiatan wirausaha mahasiswa yang rutin. Setiap tahun itu ada dua batch. Ini batch yang pertama. Bootcamp ini menjadi kesempatan bagi peserta untuk belajar dari para mentor yang juga pemilik startup, baik di Bandung maupun di Jakarta. Memang karena cakupannya luas, maka kita juga buka untuk publik, untuk masyarakat umum. Makanya tadi yang hadir tidak hanya dari mahasiswa ITB, tapi juga dari masyarakat yang tertarik untuk membuat wirausaha,” katanya.

Beliau berharap bootcamp ini dapat memberikan wawasan yang luas dan jaringan yang kuat bagi para peserta.

“Kita berharap terutama teman-teman yang tertarik berwirausaha mendapatkan banyak insight dan wawasan, sebenarnya usaha itu seperti apa dan sebagainya. Juga, poin kedua yang paling penting adalah network. Di sini mereka bertemu dengan teman-teman yang memiliki niat yang sama dan para mentor yang juga memiliki startup. Mudah-mudahan di situ saling kenalan dan bisa membangun komunitas yang lebih kuat,” ujarnya.

Dengan adanya ITB Startup Bootcamp 2024, diharapkan mahasiswa ITB tidak hanya memiliki kompetensi yang tinggi dalam akademis, tetapi juga kemampuan lain di luar kelas yang bermanfaat, termasuk dalam mengembangkan usaha mereka sendiri setelah lulus.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)


scan for download