Gali Potensi Diri dan Pahami Branding-Marketing dalam SEG ITB Orientation 2024

Oleh Rayhan Adri Fulvian - Mahasiswa Teknik Geofisika, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

SEG ITB gelar SEG Orientation Day 2 dengan bahasan student role dan branding-marketing, Kamis (11/7/2024). (Dok. SEG ITB)

BANDUNG, itb.ac.id - Society of Exploration Geophysicists, Institut Teknologi Bandung (SEG ITB) menggelar SEG Orientation Day 2, Kamis (11/7/2024). Kegiatan ini dirancang khusus untuk meningkatkan keterampilan organisasi dan profesionalisme anggota SEG ITB.

Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara, yakni Taufiq Pangestu, MWA-WM ITB 2023/2024, dan M. Dzaki Zaidan, Marketing Manager Salam Ganesha sekaligus Ex-Business Analyst Markplus Corp., yang memberikan wawasan mendalam tentang peran mahasiswa dan pentingnya branding serta marketing.

Taufiq Pangestu membawakan topik mengenai Student Role, yang membahas posisi, potensi, serta peran mahasiswa dalam masyarakat akademis dan umum. Menurutnya, posisi mahasiswa adalah dengan menjadi anggota masyarakat yang terdidik.

Adapun potensi mahasiswa meliputi kemampuan berpikir kritis, idealisme, semangat, keterampilan berbasis pengetahuan, koneksi, pengetahuan multidisiplin, dan wawasan yang beragam. Dari potensi ini, mahasiswa dapat menjalankan empat peran utamanya, yaitu Agent of Change, Guardian of Values, Iron Stock, dan Role Model.

“Ada beberapa keuntungan yang dimiliki oleh sebagian orang, seperti uang, kecerdasan, lokasi, keberuntungan, pendidikan, dan status. Namun, yang kita butuhkan adalah mindset reality-growth mindset, seperti physiological and safety needs,” ujarnya

Pemaparan materi oleh Taufiq seputar Student Role. (Dok. SEG ITB)

Sementara itu, M. Dzaki Zaidan membahas topik mengenai branding dan marketing. Beliau menjelaskan bahwa branding adalah identitas suatu perusahaan, sementara marketing mencakup taktik dan strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut.

Branding mencakup elemen-elemen seperti nama, logo, tagline, gaya visual, dan reputasi. Sementara itu, marketing melibatkan kampanye, iklan, promosi, dan penjualan.

Beliau menekankan pentingnya memahami demografi dan psikografi dalam proses branding. “Ada tiga pertanyaan dasar yang perlu dijawab, yaitu Who are you? What do you do? Why does it matter? untuk membuat brand kalian ter-highlight, kalian perlu membuat koneksi yang mendalam dengan audiens,” ujarnya.

Pemaparan materi oleh Dzaki seputar branding dan marketing. (Dok. SEG ITB)

Acara ditutup dengan pesan motivasi dari Anindya Roro Renjani Jingga Maharani, Skill Development Manager SEG ITB 2024 sekaligus penanggung jawab kegiatan. Dia mengungkapkan kebanggaannya atas penyelenggaraan acara ini dan berterima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi. Anindya menegaskan bahwa Divisi Skill Development SEG ITB siap mendukung pengembangan keterampilan anggota melalui acara-acara selanjutnya.

Dengan berakhirnya SEG Orientation Day 2, para anggota SEG ITB diharapkan mampu mengembangkan keterampilan profesional mereka lebih lanjut dan siap untuk menghadapi tantangan di dunia kerja dan organisasi.

Reporter: Rayhan Adri Fulvian (Teknik Geofisika, 2021)


scan for download