Menuju Masa Depan Energi Bersih: GeoTalk IUGC 2024 Bahas Integrasi CCS dan Energi Terbarukan

Oleh Rayhan Adri Fulvian - Mahasiswa Teknik Geofisika, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

IUGC 2024 menggelar GeoTalk dengan bahasan “Carbon Capture Utilization Storage (CCUS) to Renewable Energy Integration”, Selasa (16/7/2024). (Dok. LEMIGAS)

BANDUNG, itb.ac.id - International Undergraduate Geophysics Competition (IUGC) yang berintegrasi dengan Teknik Geofisika, Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar webinar GeoTalk bertemakan “Integrating Carbon Capture with Renewable Energy Systems: Opportunities and Challenges”, Selasa (16/7/2024). Acara ini bertujuan memberikan wawasan mengenai solusi energi masa depan. Dadan Damayandri S M S, S.T., M.Eng., seorang Penyelidik Bumi Ahli Muda atau KaKel EOR DPMT di LEMIGAS, berbagi pandangannya mengenai integrasi penangkapan karbon dengan energi terbarukan.

GeoTalk ini membahas pentingnya integrasi penangkapan karbon dengan energi terbarukan dalam menghadapi perubahan iklim global. Carbon Capture and Storage (CCS) merupakan teknologi yang terbukti mampu mengurangi emisi karbon dalam jumlah besar. Teknologi ini menangkap emisi karbon di atmosfer, yang kemudian diangkut melalui pipa, kapal, atau truk, dan disimpan di bawah tanah untuk jangka waktu yang sangat lama, bahkan hingga ratusan tahun.

Selain CCS, ada juga teknologi Carbon Capture, Utilization, and Storage (CCUS). CCUS adalah upaya menangkap karbon yang kemudian digunakan dalam proses Enhanced Oil Recovery (EOR), yang bertujuan menguras volume minyak yang ada di dalam reservoir lebih banyak. Dengan demikian, CCUS tidak hanya mengurangi emisi karbon tetapi juga memberikan manfaat ekonomi tambahan.

Meskipun tetap mengalami tantangan, integrasi penangkapan karbon dengan energi terbarukan menawarkan peluang besar, seperti peningkatan efisiensi energi dan pengurangan emisi karbon. Teknologi penangkapan karbon dapat digunakan untuk meningkatkan produksi energi dari sumber terbarukan. Pembicara menjelaskan, "Tantangan finansial dan ekonomi, hambatan teknologi dan infrastruktur, kendala regulasi dan kebijakan, kepedulian sosial dan lingkungan, serta masalah geopolitik dan regional adalah beberapa hambatan yang perlu diatasi dalam mengintegrasikan penangkapan karbon dengan energi terbarukan."

GeoTalk ini menjadi forum untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, khususnya dalam bidang energi. Diskusi yang ada diharapkan dapat menghasilkan solusi inovatif untuk masalah global dan dapat memberikan wawasan yang bermanfaat serta menginspirasi masyarakat untuk ikut berperan dalam upaya global menghadapi perubahan iklim.

Reporter: Rayhan Adri Fulvian (Teknik Geofisika, 2021)


scan for download