Najwa Shihab Ajak Maba ITB 2024 untuk Peka dan Peduli Kondisi Bangsa Indonesia

Oleh Iswatun Amaliah Khairunnisa - Mahasiswa Rekayasa Pertanian, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

Najwa Shihab menyampaikan talkshow dengan tema Indonesia Maju Tantangan atau Angan di acara OSKM ITB (06/09/2024). (ITB/Iswatun Amaliah Khairunnisa)

BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa memiliki peran penting dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Di tengah tantangan global yang terus berkembang serta kebutuhan akan inovasi yang terus meningkat, kontribusi mahasiswa dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial semakin mendesak.

Oleh karena itu, Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa, Institut Teknologi Bandung (OSKM ITB) diadakan dengan salah satu mata acaranya berupa Talkshow bertema "Indonesia Maju Tantangan atau Angan". Kegiatan ini dihadiri mahasiswa baru Program Sarjana ITB, Jumat (6/9/2024) di GOR Tenis ITB Kampus Jatinangor, dengan Najwa Shihab sebagai narasumber.

Najwa Shihab merupakan jurnalis sekaligus pendiri Narasi. Di acara OSKM hari ke-3, beliau menjadi narasumber untuk meningkatkan semangat aspirasi dan kepekaan terhadap kondisi bangsa Indonesia. Najwa Shihab menekankan bahwa mahasiswa sebaiknya tidak hanya mengejar IPK semata, tetapi harus memiliki kepekaan dan mampu menyuarakan aspirasi demi kepentingan bangsa dan negara.

“Saya percaya mahasiswa bukan hanya orang yang ada di dalam kelas dan seharusnya tidak menjadikan tembok kelas menjadi penjara,” ujarnya.

Mahasiswa sebagai pihak yang independen memiliki hak untuk kritis dan menyampaikan aspirasi kepada pemerintah. Mahasiswa juga memiliki peran sebagai penjaga nurani bangsa yang harus mampu mengawal ketidakwajaran yang terjadi di negeri ini dengan turut menyuarakan aspirasinya.

Selain itu, beliau menyampaikan bahwa pendidikan merupakan cara paling sempurna untuk melatih diri. Keinginan untuk menjadi sosok impian di masa depan dapat dilatih saat menjadi mahasiswa.

Beliau mengajak seluruh mahasiswa baru untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan saat menjadi mahasiswa untuk melatih diri menjadi sosok yang diinginkan di masa depan. Maka dari itu, Indonesia Maju bukan suatu angan-angan tetapi merupakan tantangan yang perlu dijawab oleh mahasiswa sebagai pemeran utama bangsa di masa depan. Langkah yang diambil mahasiswa saat ini akan menentukan arah gerak perkembangan bangsa sehingga penting bagi mahasiswa untuk terus peka dan peduli terhadap kondisi bangsa.

Reporter: Iswatun Amaliah Khairunnisa (Rekayasa Pertanian, 2021)


scan for download