PAMERAN OPEN HOUSE ITB 2007

Oleh

Editor

Dalam rangkaian kegiatan Open House ITB 2007 yang dilaksanakan pada tanggal 9 s.d. 11 Februari 2007 kemarin, pameran merupakan kegiatan yang paling menarik banyak perhatian masyarakat. Karena dalam pameran ini, masyarakat dapat lebih mengenal institusi pendidikan ini secara lebih mendalam. Ada 2 jenis pameran yang diadakan, yaitu Pameran Pendidikan ITB yang bertempat di Aula Barat ITB dan Pameran Teknologi ITB yang bertempat di Aula Timur ITB.

Untuk Pameran Pendidikan ITB, menghadirkan seluruh fakultas dan sekolah yang berada di dalam lingkup ITB, antara lain Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam (FMIPA), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), Sekolah Farmasi (SF), Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral (FIKTM), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan (SAPPK), dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Selain fakultas dan sekolah, turut berpartisipasi pula Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Ikatan Alumni ITB, Pojok Konseling, serta Penjualan Formulir USM ITB.

Lonjakan Jumlah Pengunjung terjadi pada hari kedua. Untuk Pameran Pendidikan yang diadakan di Aula Barat ITB, pada hari kedua dihadiri lebih dari 1200 orang. Sebagian besar pengunjung merupakan siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Bandung dan sekitarnya, antara lain dari SMA Negeri 3 Bandung, SMA Negeri 2 Bandung, SMA MA, bahkan ada beberapa siswa-siswi SMA dari luar Bandung, seperti SMA Negeri 70 Jakarta, SMA Kroya, dan lain-lain. Siswa-siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama pun banyak yang turut mengunjungi pameran ini. Sedangkan pengunjung pada Pameran Teknologi yang diadakan di Aula Timur hanya tercatat sebanyak 350 orang.

Acara pameran ini memang menarik perhatian masyarakat banyak, namun ada beberapa pengunjung yang mengeluh akibat tidak berpartisipasinya Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB dalam pameran pendidikan ini, padahal banyak pengunjung yang berminat untuk mencari informasi tentang SBM ITB. Kekecewaan sebagian pengunjung ini tetap dapat terobati dengan pameran dari sekolah dan fakultas lainnya yang memang menampilkan hal-hal yang menarik. Salah satu yang paling menarik banyak perhatian, yaitu awetan Fetus manusia yang berumur 4-5 bulan di stand Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH).

scan for download