Pengabdian Masyarakat HME ITB Pasang Panel Surya di SDN Pelesiran

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id—Mahasiswa dari Himpunan Elektroteknik ITB yang terdiri dari Kelompok Keahlian Teknik Tenaga Listrik, Teknik Elektro, dan Teknik Biomedis melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa instalasi panel Solar Photovoltaic skala kecil sebagai sumber listrik alternatif dari energi terbarukan untuk SD Negeri Pelesiran, Bandung.

Menurut Farrel Jonathan Vickeldo, Wakil Menteri Koordinator Inovasi dan Implementasi Karya HME ITB, pemasangan ini bertujuan untuk mengenalkan energi bersih kepada warga SD Negeri Pelesiran sembari menghemat biaya listrik SD Negeri Pelesiran. Selain itu, diharapkan pemasangan solar pv dapat mereduksi CO2 yang dilepaskan ke atmosfer, dan juga mendukung program Pemerintah Indonesia dalam transisi ke energi terbarukan yaitu bauran 23% pada tahun 2025. Sistem yang terpasang di SD Negeri Pelesiran terdiri dari 4 panel solar PV dengan masing-masing PV memiliki kapasitas 1,9 kWp (kiloWatt Peak).

“Alasan kami memilih teknologi solar PV ketimbang teknologi energi terbarukan yang lain karena wilayah Indonesia yang berada di daerah khatulistiwa memiliki potensi paparan sinar matahari yang cukup besar dan teknologi solar photovoltaic dapat dipasang lebih praktis serta dapat dimonitoring di mana saja,” ujarnya kepada Humas ITB, Jumat (12/8/2022).

HME ITB berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini. Bank Raya selaku sponsor dari kegiatan ini, Ikatan Alumni Elektro (IAE) sebagai advisor, guru serta staf SD Negeri Pelesiran, anggota HME yang ikut berpartisipasi, serta pihak lain yang telah membantu adanya kegiatan ini.

Sumber: Rilis HME ITB


scan for download