Penyambutan Mahasiswa Baru FSRD ITB 2023: Kolaborasi Menuju Masa Depan Kreatif

Oleh Adi Permana

Editor -

Dekanat FSRD ITB, Dr. Andryanto Rikrik Kusmara, S.Sn., M.Sn., memberikan sambutan dalam acara Penyambutan Mahasiswa Baru Tahap Persiapan Bersama (TPB) Angkatan 2023, di Gedung Serba Guna (GSG) ITB Kampus Jatinangor, Senin (14/08/2023).

BANDUNG, itb.ac.id – Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB menggelar acara Penyambutan Mahasiswa Baru Tahap Persiapan Bersama (TPB) Angkatan 2023, di Gedung Serba Guna (GSG) ITB Kampus Jatinangor, Senin (14/08/2023).

Acara tersebut dihadiri Dekanat FSRD ITB, para kaprodi dan koordinator FSRD ITB, dosen wali TPB 2023 dan perwakilan dosen FSRD ITB, serta perwakilan tenaga kependidikan FSRD ITB. Adapun orang tua/wali mahasiswa FSRD ITB turut mengikuti acara melalui Zoom dan Youtube.

Dekanat FSRD ITB, Dr. Andryanto Rikrik Kusmara, S.Sn., M.Sn., memberikan sambutan penuh apresiasi kepada mahasiswa baru. Beliau mengajak mahasiswa untuk menerapkan semangat dan dedikasi tinggi dalam perjalanan pendidikan mereka.

Dr. Andryanto juga menegaskan pentingnya adaptasi terhadap perubahan, seperti yang tercermin dalam konsep multikampus ITB yang memiliki kampus di Ganesha, Jatinangor, Cirebon, dan Jakarta.

Beliau juga mengajak mahasiswa aktif terlibat dalam pembangunan Indonesia yang sedang berkembang pesat. “Pentingnya keterlibatan mahasiswa seni rupa dan desain dalam pengembangan sektor ekonomi kreatif, seperti industri kriya, pariwisata, dan desain,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, mahasiswa baru mendapat pandangan yang lebih mendalam tentang fasilitas dan lingkungan kampus, yang meliputi laboratorium teknologi, laboratorium tekstil, laboratorium seni gambar, studio seni grafis, laboratorium multimedia, dan sebagainya.

Koordinator TPB, Intan Prameswari, S.Ds., M.Ds., Ph.D., menjelaskan tentang pendekatan pembelajaran di gedung GSG dan studio. Penggunaan meja dan kursi yang lebih besar di studio bertujuan untuk memfasilitasi aktivitas kreatif. Mahasiswa pun diingatkan menjaga semangat kolaborasi serta semangat belajar demi meraih prestasi.

Para dosen wali dari berbagai program studi turut memperkenalkan mahasiswa berprestasi dengan IPK tertinggi. Dalam presentasi program studi, disorot pula pentingnya kerja sama, pembelajaran dari teman, dan pemeliharaan semangat dalam meniti perjalanan pendidikan.

Melalui penayangan video, mahasiswa diperlihatkan berbagai kegiatan pada tahun-tahun sebelumnya, seperti pameran karya, workshop, dan aktivitas kampus lainnya.
Acara penyambutan mahasiswa baru ini membangun semangat dan antusiasme di antara mahasiswa baru yang memulai perjalanan pendidikan di FSRD ITB. Semua pihak berharap semangat tersebut akan terus terjaga dan menginspirasi mahasiswa baru untuk memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kampus dan memajukan Indonesia.

Penulis: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)
Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download