Peran Wellbeing First Aiders, Bantu Jalani Karier Cemerlang

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh


BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar Integrated Career Days April 2024 di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB. Acara ini menawarkan berbagai peluang bagi pencari kerja dan mahasiswa untuk mengeksplorasi dunia kerja.

Kegiatan ini pun menjadi platform bagi mitra perusahaan memperkenalkan perusahaan dan membuka berbagai kesempatan untuk berkarier di dalamnya. Salah satunya Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia dengan presentasi berjudul “Being Well at Coca-Cola Europacific Partners Indonesia” yang dibawakan Wellbeing Manager, Lia Savitrie Yulianto, Sabtu (20/4/2024).

Lia menyampaikan pentingnya perhatian terhadap kesejahteraan karyawan dalam lingkungan kerja, termasuk kesejahteraan mental mereka. CCEP mengaku memberikan perhatian khusus melalui berbagai program dan inisiatif.

Lia mengajak para peserta lebih memperhatikan dan membuka diri terhadap masalah kesehatan mental, serta menyoroti stigma yang masih terkait dengan pencarian bantuan profesional dalam hal ini.

“Kita bikin sertifikasi, kita kirimkan empat orang yang terpilih di kantor kita untuk mendapatkan sertifikasi dari Green Cross untuk jadi Wellbeing First Aiders. Dia adalah orang yang certified (tersertifikasi) untuk memastikan pertolongan pertama ketika kalian mengalami kesehatan mental yang menurun,” ujarnya.

Beliau mengungkapkan berbagai program yang telah diimplementasikan perusahaan melalui Wellbeing First Aiders untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan, mulai dari program kesehatan fisik hingga dukungan kesehatan mental.

Wellbeing First Aiders selain bertanggung jawab dalam memberikan pertolongan pertama terkait kesehatan mental, juga memiliki tanggung jawab yang luas. Mereka bertindak sebagai konselor profesional dalam berbagai bidang, termasuk psikologis, keuangan, dan hukum. Selain itu, Wellbeing First Aiders aktif dalam memberikan dukungan sehari-hari kepada karyawan melalui layanan informasi terkait perawatan, asisten rumah tangga, dan bahkan perencanaan liburan, serta memfasilitasi pengembangan diri karyawan melalui layanan seperti life coaching, bantuan manajer, dan konsultasi karier.

“Kerja itu pasti cape, tapi carilah perusahaan yang care sama kalian,” katanya.

Presentasi CCEP Indonesia ini mendapat respons positif dari peserta ITB Integrated Career Days April 2024. Diharapkan, materi yang disampaikan dapat memberikan inspirasi dan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya kesejahteraan karyawan dalam lingkungan kerja, khususnya bagi mereka yang sedang atau akan menginjakkan kaki dalam dunia kerja.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)


scan for download