Program Studi Kewirausahaan SBM ITB Lakukan Kunjungan Bisnis ke PT LEN
Oleh Vinskatania Agung A
Editor Vinskatania Agung A
Menurut Leo, program ini dilaksanakan sebagai penerapan kursus model bisnis, rencana bisnis dan startup bisnis. Kunjungan ini diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa untuk memunculkan ide-ide kreatif dalam menjalankan bisnis mereka. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memicu mahasiswa agar dapat melihat lebih luas lagi potensi-potensi bisnis di lingkungannya, baik dalam lingkup kampus maupun industri.
PT LEN sendiri merupakan perusahaan elektronik yang memiliki visi untuk menjadi perusahaan kelas dunia. PT LEN didirikan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan stakeholder melalui inovasi infrastruktur produk elektronik dan industri. Melalui inovasi yang diluncurkannya, PT LEN berhasil membuat produk pertama mereka berupa pemancar televisi untuk Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan peralatan untuk kereta. Dalam perkembangannya, PT LEN juga mengeluarkan produk berupa E-KTP (Kartu Tanda Elektronik), peralatan komunikasi militer, simulator dan energi surya.
Kepada mahasiswa, Darman berbagi mengenai dua konsep bisnis PT LEN: product push, yaitu produk yang tidak disiarkan ke publik, dan market pull, yaitu produk yang dipublikasikan. Darman berpesan bahwa disamping menjaga fokus, dalam berbisnis seseorang harus dapat melihat peluang agar bisnis yang dijalankannya dapat tumbuh.
"Peluang tersebut ada pada inovasi produk yang harus dimiliki, waktu pemasaran yang tepat, dan sumber daya manusia," jelas Darman.
Sumber: http://www.sbm.itb.ac.id/pt-len-business-trip-students-of-bachelor-of-entrepreneurship-program.html