PS-ITB dan Cita-cita Membangun Iklim Sepak Bola di Kampus

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id – Sebagai salah satu unit kegiatan mahasiswa di bidang keolahragaan, Persatuan Sepakbola (PS) ITB terus berusaha menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan minat mereka dalam bidang sepak bola. Oleh karena itu banyak kegiatan rutin seperti perlombaan sepak bola dan latihan rutin yang digelar PS ITB. Semua itu dilakukan dengan tujuan menciptakan iklim sepak bola di ITB.


“Tujuan lain yang paling pokok bagi UKM ini yaitu mereka ingin mengharumkan nama ITB dengan cara menggapai prestasi tentunya dalam bidang sepak bola dan futsal,” katanya Talo, salah satu anggota PS-ITB.

PS-ITB memiliki banyak prestasi baik di tingkat nasional maupun Asia. Pada 2015, PS-ITB pernah meraih juara ketiga Internasional Sport Fiesta 2015 untuk kategori futsal putra  di University Technology Mara Malaysa (UTMM). Kemudian, pada Oktober lalu PS ITB juga berhasil menyabet juara tiga di Unpar Festival Cup. 

Prestasi tersebut tentu saja tidak lepas dari semangat latihan para anggota dan tangan dingin seorang pelatih bernama Sabrun Hanafi yang  pernah membawa nama harum Indonesia di salah satu liga di Eropa.

Talo menjelaskan, beberapa kegiatan PS-ITB sempat vacum. Namun di periode kali ini, mereka mengusung visi menjalin kekeluargaan dengan mengedepankan latihan. Hal itu sebagai bagian dari upaya pengurus unit untuk menghidupkan kembali PS ITB dalam latihan rutin. 

UKM yang sudah berdiri sejak 1 Juni 1975  ini tidak hanya berkutat dalam minat dan bakat, karena sebuah organisasi PS ITBjuga mengenalkan budaya kaderisasi dan pemahaman organisasi kepada anggotanya. “Selain itu mereka (anggota baru) juga akan mendapatkan pelatihan seperti dasar-dasar sepak bola dan futsal, soft skills seperti leadership, human resource, dan masih banyak lagi,” tuturnya.

Latihan rutin PS-ITB biasanya dilakukan di Lapangan Saraga ITB. Dalam kegiatan Open House Unit (OHU) 2018 pada 25 Agustus lalu dijadikan ajang untuk mengenalkan unit kepada mahasiswa baru sekaligus menjaring anggota baru.

“Antusiasme mahasiswa untuk bergabung dengan PS ITB dapat dikatakan cukup bagus. Tahun 2016 mahasiswa TPB yang bergabung dengan PS ITB kurang lebih 400, untuk tahun 2017 sekitar 200. “Sebenarnya kalau dilihat dari antusiasmenya, 10% dari 4000 mahasiswa TPB itu sudah tergolong banyak banget untuk ikut PS ITB ini”, jelas Vincent anggota yang lainnya.

Reporter: Astri Liyawati


scan for download