Runner-Up NUEDC, SEF ITB Siap Tanding di Worlds 2012 Manila

Oleh Fathir Ramadhan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kejuaraan the 5th National Universities English Debate Championship (NUEDC) terbilang sedikit berbeda dibandingkan kejuaraan debat bahasa Inggris lain di tingkat nasional. Diikuti oleh 95 tim se-Indonesia, NUEDC menjamin keterwakilan (representasi) partisipasi tiap daerah senusantara. Tim yang meraih peringkat tiga besar babak grandfinal mendapat sponsor dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) untuk mengikuti World Universities Debating Championship (WUDC) di De La Salle University, Manila. Pada perhelatan akbar ini, SEF ITB berhasil meraih predikat runner-up dan best speaker.

Bertempat di Universitas Diponegoro, Semarang, NUEDC berlangsung pada Senin-Sabtu (20-25/06/11).
 
Turnamen dengan format british parliamentary (BP) ini terdiri atas tujuh babak preliminari dan empat babak sistem gugur. Pada format BP, satu babak mempertandingkan empat tim, alih-alih dua tim. Keempat tim bertanding satu sama lain untuk memperebutkan posisi pertama, kedua, ketiga dan keempat.

Pencapaian NUEDC 2011


Dari ketujuh babak preliminari, SEF ITB berhasil meraih peringkat pertama pada enam babak, dan peringkat kedua pada satu babak. Tidak ada tim dari perguruan tinggi lain yang berhasil keluar dengan pencapaian setinggi ini.

Melalui Vincentius Dito Krista Holanda (TK 08) dan Rifan Ibnu Rahman (SBM 09), SEF ITB berhasil melalui babak octo, quarter, semi, hingga sampai di grandfinal. Memperdebatkan mosi this house believes that International Criminal Court (ICC) should have its own force to abduct heinous perpetrators of international crime who refuse the summon of the court, Binus Internasional keluar sebagai juara pertama, SEF ITB juara kedua, Universitas Indonesia juara ketiga, dan Bakrie University juara keempat.

Dengan ini, SEF ITB resmi mendapatkan sponsor dari Dikti untuk mengikuti WUDC (atau dikenal pula sebagai Worlds) 2012 di Manila. Tidak hanya mendapat sponsor Worlds Manila, Dito dan Rifan juga menempati posisi teratas dalam peringkat speaker, dengan Dito sebagai best speaker dan Rifan sebagai 4th best speaker.

Konsisten Raih Best Speaker

Dari enam kompetisi debat bahasa Inggris skala nasional yang telah terselenggara sejak Januari tahun ini, SEF ITB meraih predikat best speaker (pembicara terbaik) pada empat kompetisi.

Berikut merupakan rekapitulasi pencapaian SEF ITB pada kejuaraan nasional tahun 2011

-Indonesian Varsities English Debate/IVED 2011 (Universitas Hasanuddin), Januari 201
best speaker: Rifan Ibnu Rahman (SBM 09) dan Tubagus Andhika Nugraha (IF 010)
capaian tim: quarterfinal

-Asian Law School Association English Challenge/ALSA E-Challenge (Universitas Padjadjaran), Februari 2011
5th best speaker: Vicario Reinaldo (TI 010)

-Southeast Asian English Olympics/SEO (Universitas Bina Nusantara), Februari 2011
best speaker: Luthfi Abdurrahman (SR 05)
capaian tim: champion dan runner-up

-National Debate Competition on Economics/NDC 2011 (Universitas Padjadjaran), Maret 2011
best speaker: Muhammad Pandu (FI 06)
capaian tim: champion dan runner-up

-Asian Law School Association English Competition/ALSA E-Com 2011 (Universitas Indonesia), April 2011
capaian tim: quarterfinal

-the 5th National Universities English Debate Championship/NUEDC 2011 (Universitas Diponegoro), Juni 2011
best speaker: Vincentius Dito Krista Holanda (TK 08)
capaian tim: runner-up


scan for download