SBM Business Game 2007

Oleh

Editor

BANDUNG,itb.ac.id – Dalam rangka mendekatkan diri dengan mahasiswa baru, mahasiswa Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB mengadakan acara bertajuk Baur SBM. “Kalau di jurusan lain biasanya mengadakan Orientasi Studi (OS), kita punya acara Baur SBM buat melakukan pendekatan ke mahasiswa baru,” jelas Achmad Reyhan selaku Ketua Panitia Baur SBM 2007. Event tahunan ini memang disiapkan untuk menyambut mahasiswa baru SBM ITB angkatan 2010.

Salah satu rangkaian acara Baur SBM ini adalah SBM Business Game 2007 yang diadakan pada Kamis (9/8). Dalam acara Business Game ini, semua mahasiswa baru angkatan 2010 yang berjumlah 136 orang dibagi ke dalam 19 kelompok. Kemudian masing-masing kelompok diberi modal sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) untuk mendapatkan berbagai barang untuk dijual. Sebagian besar menjual makanan dan minuman. Beberapa yang lain menjual baju, sticker, maupun pin yang didesain oleh mahasiswa SBM sendiri. Dari kesembilan belas kelompok ini dilombakan untuk mendapatkan profit sebanyak-banyaknya, dengan kelompok yang mendapatkan profit yang paling besar akan menjadi pemenang. Kemudian masing-masing kelompok mendirikan stand di lapangan parkir SBM.

Untuk menarik konsumen mereka tidak hanya berjualan di stand, tetapi juga berkeliling menjajakkan jualannya di lingkungan kampus ITB. Karena ini merupakan ajang kompetisi, maka setiap kelompok berusaha dengan berbagai cara agar mendapat konsumen sebanyak-banyaknya. Jangan heran bila para mahasiswa baru ini ada yang mengenakan papan bertuliskan “Saya Rela Melakukan Apapun, Harga Nego!” Ini merupakan salah satu cara yang dilakukan agar dapat menarik perhatian konsumen. “Kalau mau menarik perhatian konsumen, kalian harus menunjukkan sesuatu yang lain biar eye-catching,” tutur Reyhan.

Berbeda dari business game yang lain, pemasukan yang didapat dari acara ini akan disumbangkan dalam bentuk charity ke panti asuhan di Buah Batu.

Selain SBM Business Game 2007, masih ada rangkaian Baur SBM yang lain, yaitu Serasi dan Malam Keakraban. Serasi merupakan acara semacam ESQ bagi semua mahasiswa baru. Serasi akan diadakan pada Jumat (10/8) dan akan berlangsung selama 3 hari di Ciwidey.

scan for download