SBM ITB Siap Gelar ICMEM 2024 Bahas Tata Kelola dan Pembangunan Berkelanjutan

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) akan menyelenggarakan The 8th International Conference on Management in Emerging Markets (ICMEM) 2024 pada 28-29 Agustus. Konferensi internasional bergengsi ini akan digelar bauran (hybrid), melalui Zoom dan secara luring di The Patra Bali dengan tema "Embrace Governance and Sustainable Development for Global Impact".

Ketua Panitia ICMEM 2024, Yuliani Dwi Lestari, mengatakan, "Tema Embrace Governance and Sustainable Development for Global Impact menjadi sangat penting dalam konteks bisnis global yang semakin kompleks dan tantangan lingkungan yang semakin meningkat. Kolaborasi, keberlanjutan, dan sinergi menjadi kunci utama untuk meraih kesuksesan yang berkelanjutan.”

Beliau mengatakan, tema ini dipilih karena mencerminkan urgensi untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip tata kelola yang baik dan pembangunan berkelanjutan dalam praktik bisnis modern. "Tata kelola yang kuat menjadi fondasi bagi bisnis untuk beroperasi secara etis, transparan, dan bertanggung jawab. Sementara pembangunan berkelanjutan menekankan pentingnya menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi dengan perlindungan lingkungan dan kesejahteraan sosial,” katanya.

Konferensi ICMEM 2024 menjadi media pertemuan bagi akademisi, pemangku kepentingan, pemerintah, mahasiswa doktoral, dan praktisi untuk saling bertukar pengetahuan terkait tren terkini dan potensi kolaborasi lintas budaya dalam ekosistem bisnis global. Keberagaman peserta dari dalam dan luar negeri diharapkan dapat memperkaya diskusi serta membangun jaringan yang kuat.

ICMEM 2024 dirancang sebagai wadah untuk mendiskusikan tantangan bisnis saat ini dan menemukan solusi inovatif yang berkelanjutan. Melalui kolaborasi lintas sektor, diharapkan dapat menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan industri.

Selama dua hari, konferensi akan menampilkan sesi menarik, sesi paralel, workshop, diskusi panel, serta sesi penutupan. Pembicara utama yang akan hadir antara lain dari jajaran menteri, CEO perusahaan, serta pemimpin dan founder perusahaan yang telah meraih penghargaan Environmental, Social, Governance (ESG) Award yang dilaksanakan oleh SBM ITB pada Januari 2024.

Selain itu, akan menghadirkan juga beberapa pakar yang akan berbicara pada sesi workshop seperti Prof. Mark Gilman dari Derby University, UK, Prof. Toshiya Kaihara, Kobe University, Prof. Togar M. Simatupang, Profesor Bidang Operation and Supply Chain, SBM ITB, serta Yunieta A. Nainggolan, Ph.D., Associate Professor in Sustainable Investment, SBM ITB.

Rangkaian acara ICMEM 2024 akan ditutup dengan gala dinner dan penganugerahan penghargaan bagi kontributor terbaik. Keesokan harinya, peserta dapat mengikuti tur budaya sebagai penutup rangkaian acara. Informasi mengenai pendaftaran ICMEM dapat menghubungi panitia icmem@sbm-itb.ac.id.


scan for download