SEG ITB SC dan HAGI ITB SC Bangun Mimpi dan Semangat Anak-anak Melalui RamAdventure

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

SEG ITB SC dan HAGI ITB SC berkolaborasi dalam RamAdventure di Griya Sinau Cirebon, Jumat (29/3/2024). (Dok. SEG ITB SC)

CIREBON, itb.ac.id – SEG ITB SC dan HAGI ITB SC adalah organisasi nonprofit yang mewadahi minat mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam bidang Teknik Geofisika. Keduanya berkolaborasi menggelar “RamAdventure” yang bertujuan memberikan pengalaman berharga kepada adik-adik Griya Sinau di Komunitas Anak Plumbon, Cirebon.

Pada Jumat (29/3/2024), peserta berkumpul di Griya Sinau dengan semangat untuk berbagi pengetahuan, menginspirasi, dan membangun mimpi bersama. Acara ini tidak hanya sekadar seminar, tetapi sebuah perjalanan belajar yang menarik.

Ibu Maharani, penanggung jawab Griya Sinau, membuka pintu komunitasnya dengan hangat untuk menyambut tamu-tamu dari luar. Slogannya, "Berkumpul, Berkarya, dan Berbagi", mencerminkan semangat kebersamaan yang menjadi dasar dari kesuksesan RamAdventure.

Anak-anak Griya Sinau diajak berdiskusi bersama mahasiswa ITB, mengenalkan mereka ke dunia profesional. (Dok. SEG ITB SC)

Dalam suasana yang penuh semangat, peserta diperkenalkan pada konsep Geofisika, alat-alat yang digunakan, dan peranannya dalam kehidupan sehari-hari. Melalui hal tersebut, peserta diajak memahami pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, khususnya kuliah. Diskusi pun melibatkan refleksi pribadi tentang kelebihan, kekurangan, tantangan, dan tujuan hidup, dengan tujuan membantu peserta membuat keputusan yang lebih baik tentang masa depan mereka.

Potret kebersamaan SEG ITB SC, HAGI ITB SC, dan Griya Sinau saat gelaran RamAdventure. (Dok. SEG ITB SC)

“Acara ini tidak hanya seru, tetapi juga memberikan manfaat yang besar karena memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berdiskusi dan bertukar pikiran. Hal ini juga mempererat tali silaturahmi antara mereka,” ujar Ketua HAGI ITB SC, Iqram Haris Fahromi. Hal serupa disampaikan Ketua SEG ITB SC, Radhina Zahra, yang menyadari bahwa setiap orang memiliki mimpi dan cara yang berbeda untuk mencapainya, dan kuliah adalah salah satu langkah awal untuk meraihnya.

RamAdventure bukan sekadar acara, tetapi sebuah petualangan belajar dan silaturahmi yang memberikan inspirasi, semangat, dan pengalaman berharga kepada semua yang terlibat. Bersama-sama, mereka membuktikan bahwa dengan kerja keras dan semangat yang tak kenal lelah, tidak ada mimpi yang terlalu besar untuk dikejar.

Reporter: Rayhan Adri Fulvian (Teknik Geofisika, 2021)


scan for download