SEMINAR ON PUBLIC RELATIONS, PROMOTION AND MARKETING OF HIGHER EDUCATION

Oleh Unit Sumber Daya Informasi

Editor Unit Sumber Daya Informasi

Kamis, 23 Oktober 2003 bertempat di Ballroom Hyatt Regency Bandung, Kantor Sekretaris Eksekutif ITB bekerjasama dengan The British Council menyelenggarakan Seminar on Public Relations, Promotion and Marketing of Higher Education. Seminar dihadiri oleh Direktur Kemitraan ITB, Dr.Rudy H.Karsaman, Ketua LPKM Dr.Tutuka Ariadji dan Sekretaris Eksekutif ITB, Dr.Boy Kombaitan. Dalam sambutannya, Sekretaris Eksekutif ITB mengungkapkan telah menjadi komitmen ITB untuk senantiasa membuka kesempatan kepada berbagai pihak untuk berbagi ide dan pengalaman mengenai berbagai hal. Issue yang diangkat ITB dan British Council dalam seminar kali ini membahas pentingnya peranan humas atau public relations dalam suatu institusi (pendidikan tinggi), terutama karena kini perguruan tinggi dituntut tidak hanya berkualitas di bidang akademik saja namun juga harus memiliki hubungan kemitraan (partnership) yang menunjang posisinya di dalam masyarakat dengan berbagai pihak, baik pihak internal maupun eksternal. Pada bagian lain sambutannya, Dr.Boy Kombaitan juga menyampaikan bahwa dengan kondisi persaingan yang begitu ketat antara perguruan tinggi yang satu dengan yang lain, diperlukan adanya strategi marketing dan promosi yang tepat dan berada pada koridor perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan dan bukan sebagai usaha komersial semata. Sementara itu perwakilan British Council, Mr.Simon Giverin mengungkapkan bahwa issue public relations-marketing dan promosi haruslah disadari oleh setiap perguruan tinggi sebagai suatu kebutuhan dan keharusan bila institusi-institusi ini ingin mengembangkan dirinya. Seminar yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Eksekutif ITB mengetengahkan 4 orang pembicara yaitu Bana Kartasasmita, PhD (ITB), Diennaryati Tjokrosuprihatono (Koordinator Humas Universitas Indonesia), David Forman (Director of Newcastle university\'s Asian Regional Office, UK) serta David Baker (University of Leeds, UK) Materi yang dibahas meliputi: relations with the press and the community, relations with government and industries, why effective marketing is an institution wide responsibility dan the application of professional marketing techniques within large public sector institutions. Peserta seminar berjumlah sekitar 100 orang yang terdiri dari wakil-wakil (decision makers) perguruan tinggi seluruh Indonesia. Kebanyakan peserta bahkan berasal dari luar kota Bandung, terbanyak dari Jakarta dan beberapa orang dari luar pulau Jawa, seperti Denpasar, Banjarmasin, Samarinda dan Palangkaraya. Cukup menarik dari latar belakang peserta tampak bahwa mayoritas peserta berasal dari perguruan tinggi swasta (terutama perguruan-perguruan tinggi swasta besar yang dikenal memiliki dukungan dana kuat!)--sementara jumlah peserta dari PTN sangat sedikit. Apakah memang PTN-PTN yang ada masih tenang-tenang saja dan cukup percaya diri tanpa upaya serta strategi promosi, marketing apalagi upaya menjalin suatu kemitraan yang harmonis dengan berbagai pihak, di masa kini posisinya dalam masyarakat masih cukup kuat untuk memenangkan persaingan ketat ?...Wallahu alam... Acara ditutup malam hari dengan diselenggarakannya Farewell Dinner di Swargaloka Garden Restaurant Hyatt Regency bersama seluruh peserta dan perwakilan British Council. (TD)