Seminar Strategi Sukses UKM: Pentingnya Kolaborasi Bisnis dengan Teknologi

Oleh habiburmuhaimin

Editor habiburmuhaimin

BANDUNG, itb.ac.id- Usaha kecil menengah (UKM) telah terbukti mampu hidup dan berkembang di dalam badai krisis selama bertahun-tahun.  Begitu pula dengan kontribusi UKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang dari tahun ke tahun terus meningkat. Dengan mempertimbangkan pentingnya UKM tersebut, Comlabs USDI-ITB bekerja sama dengan Intel dan Rainier mengadakan seminar bertajukkan "Seminar Strategi Sukses UKM", Rabu (15/04/09) bertempat di Aula Timur ITB.

Seminar ini merujuk pada betapa pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam usaha meningkatkan perekonomian masyarakat. Tercatat bahwa UKM telah menyerap tenaga kerja sebesar 88,7 persen dari seluruh angkatan kerja Indonesia (BPS tahun 2000). Potensi yang besar tersebut bisa menjadi bencana jika tidak diiringi kemampuan yang handal untuk bersaing pada era globalisasi seperti sekarang ini. Untuk itu, diperlukan teknologi komputer yang terhubung ke seluruh dunia yang dapat membantu masyarakat mendapatkan informasi yang lebih cepat dan dapat berkomunikasi dengan mudah dan murah.

Seminar diawali dengan sambutan Basuki Suhadirman selaku Kepala USDI ITB. Dalam sambutannya, Basuki memaparkan pengembangan infrastruktur jaringan di ITB dan perihal bagaimana internet di Indonesia mulai tumbuh menjadi satu zona bisnis baru bagi masyarakat.

Seminar yang dihadiri sekitar tiga ratus pengunjung ini kemudian dilanjutkan dengan presentasi mengenai "The Benefit from Using Server" dari David Tjahjadi, Channel Platform Manager Intel Indonesia Corp. Dwi Larso, dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, menyambung David dengan presentasi tentang entrepreneurship. Pengarang buku "Bedah Total Server : Referensi Hardware Server Pertama dan Terlengkap di Indonesia", Gita Surya Wijaya, turut menambah pengetahuan pengunjung yang kebanyakan pemerhati teknologi lewat presentasinya perihal Server Fundamental. Gita merinci teknik dalam penyiapan infrastruktur teknologi informasi dengan melakukan pemilihan perangkat dan server yang digunakan sebagai tulang punggung aplikasi teknologi informasi.

Dua pemateri tersisa adalah Rendi Soeyoko dan Roni Yuzirwan. Rendi, Product Manager INTEL Rainer Server, menyampaikan materinya mengenai teknologi informasi serta pengaruhnya dalam pengembangan bisnis. Kemudian, sebagai pengusaha yang memanfaatkan teknologi informasi dalam operasional bisnisnya, Roni berbagi pengalaman menarik seputar bisnisnya. Talkshow yang dipandu oleh Mugi Sugiarto ini mendapatkan antusiasme peserta. Hal tersebut dibuktikan dengan peserta secara aktif melakukan tanya jawab dengan Roni. Diskusi pun berlangsung dengan meriah ditambah dengan adanya doorprize yang disediakan oleh panitia.

scan for download