Sinergi PPID ITB dan DPR RI dalam Wujudkan Akses Keterbukaan Informasi

Oleh Anggun Nindita

Editor Muhammad Efriza Pandia


BANDUNG, itb.ac.id - Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (PPID DPR RI) melakukan kunjungan kerja ke Institut Teknologi Bandung (ITB) pada hari Kamis (18/7/2024) di Ruang Rapim A, Gedung Rektorat, Jalan Tamansari Bandung.

Kunjungan tersebut bertujuan guna mempelajari lebih lanjut sistem pengelolaan informasi publik yang telah diterapkan oleh ITB. Sekaligus menjalin kerja sama dalam rangka meningkatkan keterbukaan informasi di ranah perguruan tinggi.

Pada Kunjungan tersebut, rombongan PPID DPR diterima langsung oleh Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB, Dr. Naomi Haswanto, M.Sn., dan Kepala Biro Administrasi Umum dan Informasi, Usep Mulyana, S.Sos., MAP.

Rangkaian kegiatan meliputi diskusi mengenai implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) hingga diskusi dan pertukaran informasi terkait pengelolaan serta pelayanan informasi publik.

Kepala Biro Administrasi Umum dan Informasi, Usep Mulyana, S.Sos., MAP, dalam sambutannya mengatakan bahwa ITB telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam menerapkan prinsip-prinsip keterbukaan informasi. "Terima kasih atas kunjungannya, semoga kita bisa bersama-sama belajar mengenai praktik-praktik terbaik mengenai keterbukaan informasi," ujarnya.

Kunjungan tersebut juga menjadi kesempatan bagi kedua instansi untuk berbagai pengalaman serta pengetahuan mengenai pengelolaan informasi publik. Agenda tersebut pun diharapkan menjadi model bagi perguruan tinggi lainnya dalam meningkatkan kualitas pengelolaan informasi publik.


scan for download