Success Hacks ITB 88: Membawa Semangat dan Inspirasi dalam Menggapai Impian

Oleh Anggun Nindita

Editor Diky Purnama, S.Si.,M.Ds.

BANDUNG, itb.ac.id - Acara Success Hacks ITB 88 yang digelar Alumni ITB '88, di Aula Timur, ITB Kampus Ganesha, Sabtu (16/9/2023), memberikan momen inspiratif. Kegiatan tersebut membawa semangat baru untuk mencapai kesuksesan. Peserta diajak belajar dari berbagai top leaders perusahaan yang membagikan konsep dan ide-ide inovatif.

Ketua pelaksana Success Hack ITB 88, Dina Aditya Reni S.Si., M.Sc., menjelaskan bahwa acara tersebut adalah perayaan untuk mengenang 35 tahun perjalanan Alumni ITB '88.

"Selama tiga dekade lebih ini, kami telah mengumpulkan pengetahuan dan keterampilan yang berharga, dan saatnya kami berbagi dampak positif dari pengetahuan tersebut," ujarnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa inti dari acara tersebut adalah sesi mentoring. Setiap pemimpin perusahaan terkemuka akan membimbing sekitar 10 peserta lalu memberikan wawasan berharga kepada mereka.

Success Hacks ITB 88 menggali berbagai topik penting seperti kepemimpinan, kesetaraan gender, dan manajemen krisis. Para pembicara yang berpengalaman di berbagai bidang menekankan pentingnya memiliki visi yang jelas, sikap positif, dan strategi untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Direktur Keuangan PT. Pertamina, Emma Sri Martini (Alumnus Teknik Informatika ITB '88), menyoroti tiga faktor kunci yang dikenal sebagai "triangle of success" untuk mencapai kesuksesan, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif.

Beliau menjelaskan bahwa pengetahuan melibatkan penerapan teori dalam strategi, sedangkan keterampilan mencakup kemampuan praktis dan eksekusi, termasuk dalam keterampilan digital dan komunikasi. Sikap positif juga menjadi unsur kunci dengan mencakup growth mindset, resilience, agility, visionary, kepemimpinan yang memberikan contoh positif, dan semangat kolaboratif.

Selain itu, acara tersebut memperbincangkan integritas, rasa syukur, dan potensi besar yang dimiliki Indonesia dalam pengembangan ekonomi. Para pembicara menekankan peran penting pemimpin dan wirausahawan muda dalam mendorong kemajuan negara dan menciptakan bisnis baru. Mereka juga menyoroti pentingnya fokus pada kualitas daripada kuantitas dalam industri, serta peran penting pendidikan dan pelatihan kejuruan.

Success Hacks ITB 88 diakhiri dengan penyampaian pesan tentang pentingnya bermimpi dan berani mengikuti aspirasi pribadi. Peserta diundang untuk bermimpi tanpa batasan dan menjadikan mimpi tersebut sebagai energi penggerak utama untuk mengatasi setiap tantangan dalam perjalanan menuju kesuksesan.

Acara tersebut dihadiri sejumlah pembicara terkemuka, termasuk Managing Director Schlumberger Indonesia, Scott Cremin, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan, Luky Alfirman, Anggota Dewan Komisioner, Kepala Eksekutif Pengawas Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital, dan Aset Kripto, Otoritas Jasa Keuangan, Hasan Fawzi, Direktur Beasiswa LPDP, Dwi Larso, Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia, Wahid Sutopo, serta Direktur Sumber Daya Manusia PT Antam Tbk, Ahmad Ardianto.

Success Hacks ITB 88 telah membawa semangat, inspirasi, dan motivasi yang kuat bagi para peserta, mendorong mereka mengejar impian dengan semangat dan tekad yang lebih kuat lagi.

Reporter: Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download