SUSPIM ITB 2011: Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (WRAM)

Oleh Fathir Ramadhan

Editor Fathir Ramadhan

BANDUNG, itb.ac.id-Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan (WRAM), Prof. Dr. Ir. Carmadi Machbub membawahi beberapa kepentingan, beberapa di antaranya adalah administrasi proses pendidikan, Lembaga Tahap Persiapan Bersama (LTPB), dan Lembaga Pengkajian Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (LP4). Poin-poin ini dipresentasikan oleh WRAM beserta tim pada Lokakarya Sistem Pengelolaan dan Pengembangan, Kursus Pimpinan (SUSPIM) ITB 2011 pada Kamis (13/01/11) di Ruang ANNEX 3 ITB.

Administrasi Proses Pendidikan

Pelaksanaan administrasi pendidikan ITB dikelola oleh Direktorat Pendidikan, sehingga hanya terdapat sebuah basis data pendidikan terpusat. Pengisian dan pengubahan data pendidikan dilakukan dengan standar operating procedure (SOP) yang dibakukan berdasarkan peraturan akademik.

Agar informasi akademik dapat diakses oleh seluruh civitas academica, Direktorat Pendidikan mengelola sejumlah halaman web. Terdapat dua kelompok halaman web, yakni halaman yang memuat informasi publik (akademik.itb.ac.id) dan halaman yang memuat informasi tertentu dan memiliki akses terbatas.

Situs pada kategori kedua antara lain apps.akademik.itb.ac.id/six yang digunakan untuk administrasi proses pendidikan oleh program studi (prodi)/fakultas/sekolah, ol.akademik,itb.ac.id untuk perwalian dan pengisian rencana studi mahasiswa, portofolio.akademik.itb.ac.id untuk portofolio bagi staf pengajar, serta situs ujian saringan masuk dan pendaftaran mahasiswa baru.


Adapun kegiatan-kegiatan di ITB yang memerlukan proses administrasi ialah ujian saringan masuk, pra pendaftaran ulang (pembukaan kelas mata kuliah yang akan ditawarkan, penjadwalan, dan pengalokasian dosen wali mahasiswa), penerimaan mahasiswa baru, pendaftaran ulang mahasiswa (pengisian rencana studi oleh mahasiswa dan persetujuannya oleh dosen wali, dan pencetakan Kartu Studi Mahasiswa), early warning untuk mahasiswa yang berpotensi drop out, perubahan rencana studi, pembuatan Daftar Peserta Kelas final, pemrosesan nilai, evaluasi pelaksanaan perkuliahan (pengisian kuesioner oleh mahasiswa dan rekapitulasi kehadiran oleh prodi), lulus tahap dan penjurusan, undur diri dan drop out, serta kegiatan wisuda.


Lembaga Tahap Persiapan Bersama (LTPB)

Tahap Persiapan Bersama (TPB) merupakan tahun pertama yang dijalani oleh mahasiswa ITB. Pada tahap ini, mahasiswa masih belajar di tingkat fakultas/sekolah dan belum dijuruskan ke prodi. Sebagai lembaga yang menaungi mahasiswa TPB, LTPB memiliki misi "mempersiapkan mahasiswa pendidikan sarjana dengan pengetahuan dasar yang kuat sesuai karakter spesifik institusi dan lulusan yang diinginkan ITB, untuk siap mengikuti pendidikan tahap selanjutnya di prodinya masing-masing" (Anggaran Rumah Tangga ITB Pasal 75).

Program LTPB meliputi kegiatan perkuliahan, praktikum, tutorial, pengenalan prodi dan kampus, orientasi dan motivasi, pengembangan karakter, perwalian, dan penjurusan.

Lembaga Pengkajian Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (LP4)

Tugas pokok LP4 ialah merumuskan kebijakan akademik untuk ditetapkan oleh Rektor; memberikan pertimbangan Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA); merumuskan pengembangan program S1, S2, dan S3; mengembangkan kerangka kerja dan metode pembelajaran; serta merumuskan kebijakan penelitian dan pengabdian masyarakat, berkoordinasi dengan Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi (WRRI), Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK), dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

Tahun 2011, LP4 memiliki program kajian S1, S2, dan S3 terintegrasi, pedoman kurikulum 2013-2018, prediksi sains dan teknologi dan antisipasinya bagi pendidikan teknik, kajian peningkatan kapasitas dan produktivitas riset ITB, serta kajian tentang credit transfer dan credit earning activity, Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik, dan buku Tugas Akhir (TA).


scan for download