Tandatangani MoU, ITB Perkuat Kerja Sama dengan Kedubes AS dalam Pengembangan American Corner

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Untuk mencapai ITB yang locally relevant serta globally respected, sangat penting untuk menjalin kerja sama dengan berbagai mitra di luar kampus. Pada Rabu (15/2/2023), telah dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Institut Teknologi Bandung dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat bagian Urusan Publik. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapim A Gedung CCAR ITB. MoU tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Institut, Prof. Dr. Ing. Ir. Widjaja Martokusumo dan Alison F. McKee dari Kedubes AS.

Sebelum melakukan penandatanganan, Prof. Widjaja menyampaikan, “We are delighted to have representatives of the US Embassy to visit ITB for the MoU Signing Ceremony between Institut Teknologi Bandung and the US Embassy, especially regarding the continuation of having the American Corner in the ITB campus,” tuturnya.

Kedua belah pihak, baik ITB maupun Kedubes AS ingin memastikan bahwa pemahaman tentang Amerika Serikat membawa manfaat nyata bagi ITB, terutama secara kelembagaan. Beliau menjelaskan agar mencapai hal tersebut, diperlukan koordinasi internal dan eksternal.

Ena Sukmana, S.Sos., selaku Kepala Perpustakaan ITB menyampaikan, kehadiran America Corner di ITB diharapkan menjadi daya tarik untuk mahasiswa internasional, terkhusus Amerika Serikat. Secara umum, isi dari MoU tersebut menyepakati beberapa hal terkait operasional American Corner yang berada di Perpustakaan Pusat ITB. Keperluan operasional yang dimaksud seperti penyediaan alat administrasi, kegiatan yang diselenggarakan oleh Kedubes AS, dsb. MoU ini berlaku selama setahun ke depan.

Sebelumnya, pada pukul 10.30 WIB tim dari U.S. Embassy Jakarta melakukan kunjungan ke American Corner ITB dan melakukan diskusi dengan Tim Leader American Corner ITB yaitu Ena Sukmana, S.Sos., selaku Kepala Perpustakaan ITB yang bertanggung jawab penuh atas American Corner, Dwina Fatimiyah Shidiq, M.I.Kom. selaku Koordinator layanan American Corner ITB, dan Ajeng Fatwa Fadlillah, S.Pd., selaku pustakawan di American Corner.

Selain tim Leader American Corner ITB, kegiatan diskusi juga dihadiri oleh representatif lainnya dari Perpustakaan ITB yaitu Yoka Adam Nugrahaa, S.Sos., selaku Kepala Bidang Layanan Pemustaka dan Literasi Ilmiah, Kepala Bidang Teknologi Informasi Perpustakaan, Moch. Arif Trikanda S.Si., dan Kepala Bidang Operasional dan Layanan Teknis, Siti Sarah Nurbaity, S.Sos., serta tim dari U.S. Embassy yaitu Regional Public Engagement Specialist, Alison F. McKee, dan MyAmerica Jakarta, Endang Sri Nuryanti.

Program kerja sama Institut Teknologi Bandung dengan U.S. Embassy Jakarta melalui program American Corner telah berlangsung selama kurang lebih 15 tahun setelah sebelumnya ada Nota Kesepahaman Bersama yang ditandatangani pada Bulan November 2007. Seperti yang telah diatur dalam Nota Kesepahaman Bersama, ITB telah menyediakan ruangan untuk American Corner yaitu di Gedung Perpustakaan, Jl. Ganesa No. 10, Bandung.

American Corner menyediakan akses untuk mendapatkan informasi yang terbaru, akurat dan terpercaya mengenai politik, ekonomi, kebudayaan, pendidikan dan kehidupan sosial di Amerika Serikat melalui koleksi buku-buku, majalah dan jurnal, CD-ROM, DVD, akses ke pangkalan data online dan internet serta kegiatan-kegiatan yang terbuka bagi masyarakat umum. Selain itu, terdapat fasilitas-fasilitas lainnya yang dapat dimanfaatkan yaitu Wi-Fi, iMac, Headset, Board Games, Nitendo Wii, Digital Video Conference, dan maker kit yang meliputi 3D Printer, 3D Scanner, 3D Doodler, Filament, Maker Kits (Science Kits, Kano Kits, Littlebits, Arduino), Virtual Reality (VR), Podcast Tools, dan lain-lain. Seluruh fasilitas dan layanan akses tersebut diberikan oleh U.S. Embassy dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh sivitas akademika ITB dan masyarakat umum.

Adapun beberapa hal yang menjadi highlight pada Nota Kesepahaman Bersama terbaru salah satunya yaitu program kegiatan yang harus dilaksanakan oleh American Corner ITB dengan jumlah minimal empat program kegiatan setiap bulannya. Program-program yang diadakan American Corner mengacu pada program yang menggabungkan Enam Pilar, yaitu Information about the United States, Alumni Engagement, Educational Advising, English Language Teaching and Learning, Skills Building, Strategic Cultural Program.

Reporter: Kevin Agriva Ginting (Teknik Geodesi dan Geomatika, 2020)


scan for download